Gempa 4,3 Skala Richter Kejutkan Warga Kendari, Tak Ada Kerusakan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Gempa 4,3 Skala Richter Kejutkan Warga Kendari, Tak Ada Kerusakan

gempa

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Ketenangan warga Kota Kendari Minggu (30/10) siang sempat terganggu. Gempa berkekuatan 4,3 skala richter yang terjadi sekitar pukul 12.42 Wita cukup membuat panik. Warga berhamburan keluar rumah karena getaran gempa cukup terasa. Tak heran, banyak warga yang memilih tetap berada di luar rumah hingga beberapa menit. Mereka sempat khawatir adanya gempa susulan.

Kepanikan tampak terlihat dari warga Kendari Caddi. Warga memilih berkumpul di luar dan bercerita soal guncangan gempa. Meskipun hanya beberapa detik, getaran gempa bumi tersebut terasa cukup kuat. Apalagi menimbulkan bunyi seperti terpaan angin kencang. “Saat gempa, saya sudah hampir terlelap. Tapi tiba-tiba saya merasakan ada getaran. Awalnya, saya mengira ada kendaraan besar yang lewat. Herannya, kok sangat terasa. Setelah genteng rumah terdengar bunyi, spontan saja saya keluar ruangan membawa anak-anak,” kata Wahyu, warga Kendari Caddi, kemarin.

Kepala Station Geofisika Kendari, Rosa Amelia mengatakan pusat gempa yang dirasakan warga terjadi sekitar 19,6 kilometer sebelah Barat Laut Kendari. Tepatnya pada epicenter koordinat 3.86 Lintang Selatan (LS)-122,34 Bujur Timur (BT). Lokasi pusat gempa yang dekat dengan Kendari, membuat getaran gempa cukup terasa. Terlebih kedalaman gempa yang hanya 10 kilometer. Dari hasil analisa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa tercatat 4,3 skala richter.

“Ditinjau dari kedalaman hipocenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal. Hal ini diakibatkan, adanya aktivitas sesar aktif Lawanopo. Sesar ini bentuknya mendatar mengiri (sinistral skipe-slip) yang berarah Barat Laut (BT)-Tenggara dan memanjang sekitar 260 kilometer dari utara Malili sampai Tanjung Toronipa. Sesar ini terhubung dengan sesar Motano dan Halimton yang masih aktif,” jelas Rosa saat dihubungi.

Berdasarkan shake map (peta gempa), guncangan gempa ini dirasakan beberapa daerah sekitar Kendari dengan tingkat guncangan atau skala intensitas II-SIG BMKG (III MMI). Pada tingkatan ini, guncangan akan terasa. Biasanya, atap rumah akan bergoyang. Makanya, bisa berpotensi menimbulkan kerusakan. Namun dari hasil koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), belum ada informasi adanya kerusakan.

“Hasil monitoring, hingga saat ini belum terjadi gempa susulan. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan terus mengikuti arahan BPBD dan BKMG. Karena terjadi di daratan, gempa ini tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya. (amal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top