Siap-siap… 2017 Ada Perekrutan CPNS – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Siap-siap… 2017 Ada Perekrutan CPNS

Lukman Abunawas

Lukman Abunawas

KENDARIPOS,CO.ID, KENDARI -Kabar gembira bagi lulusan Perguruan Tinggi yang ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kebijakan moratorium perekrutan CPNS akan segera dicabut. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberi sinyal akan membuka formasi umum. Rencananya, tahapan seleksi penerimaan CPNS baru ini akan dimulai pada bulan Desember.

“Kami baru saja melakukan pertemuan dengan KemenPAN-RB. Intinya, pemerintah pusat akan menyiapkan formasi umum. Untuk itulah, Pemda diminta untuk mempersiapkan formasinya. Sesuai rencana, perekrutan CPNS akan dilakukan pada tahun 2017. Kalau tidak ada kendala, Desember ini tahapannya sudah dimulai. Makanya, anggaran telah diusulkan dalam draf Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBN,” beber H. Lukman Abunawas, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Kamis (27/10).

Sebagaimana penjelasan pihak KemenPAN-RB kata mantan Bupati Konawe dua periode ini, Daerah Otonomi Baru (DOB) tetap menjadi prioritas. Ini artinya, formasi yang akan diberikan lebih besar dibanding Pemda lainnya. Makanya, Pemda diminta untuk segera mengusulkan formasi. Prosesnya bukan asal mengajukan. Namun berdasarkan hasil analisa kebutuhan pegawai maupun jabatan. Khusus Pemprov Sultra, usulan formasi telah diajukan.

“Di Sultra, Konkep, Muna Barat, Buton Tengah dan daerah otonomi baru lainnya kemungkinan lebih besar. Pusat tetap membuka peluang bagi daerah pemekaran. Hanya saja, tidak disebutkan berapa kuota. Pemda hanya diminta segera mengajukan formasinya. Di Pemprov, kami mengusulkan tiga ribu kursi. Namun usulam kita tidak langsung akan disetujui. Paling besar, hanya ratusan yang diakomodir,” jelas mantan Ketua DPC Partai Golkar Konawe ini.

Hanya saja, kursi formasi yang dibuka pemerintah sangat terbatas. Sebagian besar formasi yang akan dibuka untuk tenaga guru dan kesehatan atau 70 persen. 40 persen untuk tenaga guru dan petugas medis sebanyak 30 persen. Selebihnya, untuk jabatan teknis lainnya seperti Satpol, tenaga administrasi dan staf dibeberapa instansi. “Saya kira, ini kabar baik. Saya berharap KemenPAN-RB komitmen akan hal ini. Kan, menterinya sudah diganti. Biasanya, orang baru memiliki kebijakan berbeda. Salah satunya, mencabut kebijakan moratorium PNS. Makanya, anggaran telah diusulkan kementerian dalam APBN 2017,” pungkas Ketua KONI Sultra ini. (amal fadly senga)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top