Polisi Bubarkan Demo Anarkis Pendukung Calon Wali Kota Kendari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Polisi Bubarkan Demo Anarkis Pendukung Calon Wali Kota Kendari

Aksi demo anarkis pendukung salah satu calon wali kota Kendari, yang dipertunjukkan di lapangan MTQ, Kamis (27/10/2016) pagi.

Aksi demo anarkis pendukung salah satu calon wali kota Kendari, yang dipertunjukkan di lapangan MTQ, Kamis (27/10/2016) pagi. Foto; M Syuhada/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Potensi keributan pada pemilihan Wali Kota Kendari benar-benar menyita perhatian dan kesigapan aparat kepolisian di daerah ini. Kemarin (27/10/2016), ratusan pendukung salah satu pasangan calon wali kota terlibat aksi anarkis. Bahkan, para pendukung yang tidak puas dengan kinerja KPU Kota Kendari itu terlibat bentrok dengan aparat kepolisian.

Aksi kali ini terilang nekat. Pendemo yang berbadan kekar dan berambut pendek itu tak segan-segan menyerang petugas keamanan. Brigade polisi pun berusaha di tembus. Mereka juga tak segan memukul tameng aparat, mengolok-olok dan mengajak duel aparat kepolisian.

Aksi bentrok polisi dengan massa itu bermula saat pihak kepolisian melarang massa yang hendak masuk ke ruang KPU. Sikap tegas aparat itu rupanya menyulut emosi massa, sehingga mereka pun melempari polisi dengan botol aqua dan batu. Hal itu membuat polisi bertindak, mengerahkan anjing pelacak untuk membubarkan massa.

Anjing pelacak rupanya tak cukup efektif. Massa dalam jumlah besar dan sedang emosi itu justru semakin beringas. Tak mau mengambil resiko polisi pun menembakan gas air mata dan mobil Watercanon tim Satuan Brigade Mobil (Brimob). Sejumlah aparat kepolisian pun bergerak cepat mengamankan para pendemo yang rese.

Herannya tindakan tegas aparat kepolisian itu ternyata tak membuat para pendemo ciut, tak ada ketakutan di wajah mereka. Justru, tiba-tiba seja tepuk tangan begitu riuh dari panggung kehormatan di Anjungan MTQ Sultra. Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso,Danrem 143/ Haluoleo Kolonel Inf Immanuel Ginting,  Walikota Kendari, Asrun  dan sejumlah petinggi polisi dan tamu undangan terlihat tersenyum puas sambil bertepuk tangan.

Ya…serangkain aksi pengamanan demo yang dilakukan aparat kepolisian itu merupakan salah satu simulasi yang ditampilkan dalam apal siaga menjelang Pilkada serentak di lapangan MTQ Sultra, Kamis (27/10/2016).

Wali Kota Kendari, Dr Ir Asrun MEng mengaku kagum dengan kesigapan aparat kepolisian dalam mengamankan potensi demo yang sewaktu-waktu bisa terjadi menjelang Pilkada. Meski begitu, dia berharap pelaksanaan pemiliha walikota Kendari nantinya tetap berjalan lencar, aman dan tertib. “Kita berharap agar semua komponen di daerah ini untuk ikut mengamankan Pilwali, salah satunya jangan bawa isu SARA karena itu masih cukup peka di masyarakat kita,” kata Asrun (elyn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top