Kemendikbud Sesalkan Daerah yang Kurang Proaktif Usul Terkait Budaya Daerahnya – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Kemendikbud Sesalkan Daerah yang Kurang Proaktif Usul Terkait Budaya Daerahnya

Walikota Kendari, Asrun menerima persembahan adat mombesara dari peserta Festival Budaya.

Ilustrasi. Walikota Kendari, Asrun menerima persembahan adat mombesara dari peserta Festival Budaya.

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memprioritaskan karya budaya daerah perbatasan untuk diamankan dari pengakuan negara tetangga. Pasalnya, banyak budaya Indonesia yang diklaim sebagai milik asing seperti Malaysia.

“Setiap usulan-usulan yang masuk kami prioritaskan dulu yang daerah-daerah berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Brunai, dan Singapura,” ujar‎ Nadjamuddin Ramly, direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud kepada pers di kantornya, Senin (24/10).

Dia menyesalkan sikap Pemda terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang kurang proaktif mengajukan usulan ke pusat.

Padahal banyak karya budaya yang harus ditetapkan jadi warisan budaya takbenda Indonesia.

“Jangan nanti, budayanya sudah diklaim negara tetangga baru sibuk sana-sini. Kami sangat menyesalkan bila pemda tidak mengusulkannya karena ini sebagai proteksi juga,” paparnya.

Dia menambahkan, bagi daerah yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda Indonesia, punya tanggung jawab besar yakni dari sisi penganggaran. Pemda harus mengalokasikan anggaran untuk lebih melestarikannya.

“Saya ambil contoh makanan khas Gorontalo binte biluhuta. Pemda harus menyiapkan anggaran untuk menjadi makanan khas ini bisa menopang perekonomian masyarakat dan daerah. Apakah dibuat sentra makanan khas Gorontalo atau lainnya,” paparnya. (esy/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top