Dokter di Sultra Gelar Demo, Simak Nih Alasannya…. – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Dokter di Sultra Gelar Demo, Simak Nih Alasannya….

kendaripos.fajar.co.id KENDARI–  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar aksi damai, Senin (24/10). Paramedis itu memprotes kebijakan pendidikan Dokter Layanan Prima (DLP) yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan. Kebijakan DLP ini berisi agar dokter menempuh pendidikan tambahan selama dua tahun yang bertujuan agar memiliki kualitas setara dengan spesialis.

f-hl-2-1

Ketua IDI Wilayah Sultra, dr. Junudu Raf, M.Kes., Sp.KJ mengatakan menyebut langkah itu berlebihan. Pasalnya Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) yang selama ini berjalan sebenarnya dapat dikatakan cukup. IDI Sultra pun menolak pemberlakuan pendidikan DLP. Penolakan ini juga merupakan tindak lanjut hasil muktamar IDI di Medan belum lama ini yang memutuskan menolak kebijakan tersebut.

“Selama ini dokter tanpa DLP juga sudah bisa memberikan pelayanan kesehatan. Jadi kenapa harus diberatkan dengan pendidikan,” klaimnya. Junudu meminta DPRD Sultra menjadi corong melanjutkan suara hati para dokter dan mendukung penolakan DLP ini.

f-hl

Sementara itu, perwakilan IDI dari RSUD Bahteramas, dr. Al Gazali juga menimpali, pendidikan DLP hanya akan memberatkan dokter dan merendahkan serta meragukan kompetensi dokter yang sudah lulus.
Padahal, tanpa mengikuti DLP, dokter sudah kompeten karena telah melalui proses uji sertifikasi dan masa internship dokter sesuai undang-undang pendidikan kesehatan.

”Kalau para dokter terus dituntut untuk sekolah, kasihan juga. Kalau masih sekolah lagi sekitar dua tahun, bagaimana dengan pelayanan di di masyarakat. Kapan obati rakyat. Sementara dokter terbatas,” argumentasinya. Ketua DPRD Sultra, Abdurahman Saleh yang menemui massa itu berjanji akan meneruskan aspirasi tersebut ke pemerintah pusat. (b/p11)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top