Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Circuit of The Americas – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Olahraga

Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Circuit of The Americas

Lewis Hamilton juara di Circuit of The Americas. Foto: Lars Borona/AFP

Lewis Hamilton juara di Circuit of The Americas. Foto: Lars Borona/AFP

kendaripos.fajar.co.idPembalap Mercedes, Lewis Hamilton, menjalani balapan mulus pada Formula 1 Grand Prix Amerika Serikat, Senin (24/10) dini hari WIB. Pembalap asal Inggris itu sukses meraih kemenangan perdananya di Circuit of The Americas setelah start dari posisi terdepan.

Pembalap Mercedes lain, Nico Rosberg, dan Daniel Ricciardo dari Red Bull, melengkapi podium di peringkat kedua dan ketiga, disusul Sebastian Vettel yang menyelesaikan balapan di peringkat keempat. Nasib berbeda dialam pembalap lain Ferrari dan Red Bull, Kimi Raikkonen Max Verstappen yang terpaksa gagal finis pada balapan kali ini.

Sejak start, dua mobil Mercedes memulai lomba di grid terdepan meluncur tanpa masalah. Hamilton berhasil menjaga posisinya sebagai pemimpin balapan. Hamilton terdepan diikuti Rosberg.

Namun, Rosberg kehilangan satu posisi setelah Ricciardo berhasil masuk ke sisi bagian dalam pembalap Mercedes tersebut untuk kemudian menyusup ke posisi kedua di Tikungan 2.

Raikkonen berhasil melompati Verstappen untuk menempati posisi keempat, sementara Vettel membayangi di belakang mobil Red Bull tersebut.

Pembalap Force India, Nico Hulkenberg, tersingkir setelah masalah suspensi akibat bersenggolan dengan mobil yang dikemudikan oleh Valtteri Bottas. Akibat insiden tersebut, Bottas juga harus masuk ke pit untuk mengganti ban kanan-belakang yang bocor.

Rekan satu tim Hulkenberg, Sergio Perez, juga mengalami insiden setelah ditabrak dari belakang oleh mobil Toro Rosso yang dikemudikan Daniil Kvyat.

Pembalap Meksiko itu dapat bernapas lega karena dia tidak mengikuti jejak rekan satu timnya, dan masih dapat melanjutkan balapan. Sementara bagi Kvyat, dia dijatuhi hukuman penalti tambahan waktu 10 detik, akibat insiden di Tikungan 11 tersebut.

Insiden aneh terjadi di Lap 27 saat Verstappen masuk ke pit, sementara kru Red Bull tidak siap menerima pembalap Belanda tersebut. Teknisi Red Bull kemudian menanyakan apa yang terjadi, yang kemudian dijawab oleh Verstappen: “Maaf kawan, saya mengira kalian meminta saya masuk ke pit.”

Namun, masalah terbesar pembalap muda itu datang tiga putaran kemudian. Mobil Verstappen terlihat melaju sangat pelan. Dia kemudian memarkirkan mobilnya di rerumputan Tikungan 17 dan mengakhiri balapannya hari ini.

Masalah teknis yang dialami oleh Verstappen membuat periode Virtual Safety Car diberlakukan, yang kemudian dimanfaatkan oleh kedua pembalap Mercedes untuk melakukan pitstop.

Ricciardo menjadi pembalap yang paling dirugikan dari periode VSC tersebut, karena ia kehilangan posisi kedua yang kini ditempati oleh Rosberg.

Sejak saat itu, posisi satu dan dua yang ditempati Hamilton dan Rosberg tak berubah. Sampai garis finis, kedua pembalap Mercedes berhasil menjaga posisi mereka dan finis 1-2. Ricciardo melewati garis finis di peringkat ketiga, di depan Vettel yang sempat melakukan pitstop di lap kedua terakhir.

Fernando Alonso tampil sebagai pemenang dalam perebutan peringkat kelima denhan mengalahkan Carlos Sainz dan Felipe Massa di lima putaran terakhir.

Hasil GP Amerika Serikat, Senin (24/10) dini hari WIB:

1. Lewis Hamilton    GBR    Mercedes-Mercedes    56 laps / 1h 38m 12.618s
2. Nico Rosberg    GER    Mercedes-Mercedes    +4.5s
3. Daniel Ricciardo    AUS    Red Bull-TAG Heuer    +19.6s
4. Sebastian Vettel    GER    Ferrari-Ferrari    +43.1s
5. Fernando Alonso    ESP    McLaren-Honda    +92.5s
6. Carlos Sainz Jr    ESP    Toro Rosso-Ferrari    +93.4s
7. Felipe Massa    BRZ    Williams-Mercedes    +1 lap
8. Sergio Perez    MEX    Force India-Mercedes    +1 lap
9. Jenson Button    GBR    McLaren-Honda    +1 lap
10. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari    +1 lap

11. Kevin Magnussen    DEN    Renault-Renault    +1 lap
12. Daniil Kvyat    RUS    Toro Rosso-Ferrari    +1 lap
13. Jolyon Palmer    GBR    Renault-Renault    +1 lap
14. Marcus Ericsson    SWE    Sauber-Ferrari    +1 lap
15. Felipe Nasr    BRZ    Sauber-Ferrari    +1 lap
16. Valtteri Bottas    FIN    Williams-Mercedes    +1 lap
17. Pascal Wehrlein GER    MRT-Mercedes    +1 lap
18. Esteban Ocon    FRA    MRT-Mercedes    +2 laps

Gagal finis

Rtd. Kimi Raikkonen    FIN    Ferrari-Ferrari
Rtd. Max Verstappen    NED Red Bull-TAG Heuer
Rtd. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari
Rtd. Nico Hulkenberg    GER    Force India-Mercedes

(ira/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top