Jejak Pendapat, Hillary Unggul Atas Danold Trump – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Jejak Pendapat, Hillary Unggul Atas Danold Trump

Hillary Clinton, di tengah massanya dalam sebuah kampanye. Foto: AFP

Hillary Clinton, di tengah massanya dalam sebuah kampanye. Foto: AFP

kendaripos.fajar.co.id,WASHINGTON – Sejumlah hasil jajak pendapat pemilihan presiden Amerika Serikat menempatkan capres dari Demokrat, Hillary Clinton unggul atas rivalnya berbendera Republik, Donald Trump.

Ya, wanita 68 tahun kelahiran Chicago, Illinois bernama lengkap Hillary Diane Rodent Clinton ini mungkin tidak akan menjadi presiden paling sukses di AS. Namun saat ini, fakta menunjukkan dia pilihan terbaik.

Clinton leading pada hampir semua polling. Hanya polling versi IBD/TIPP yang menunjukkan kemenangan Trump. Clinton juga memimpin di sepuluh di antara 13 negara bagian yang diperebutkan. Khususnya di Florida, Michigan, North Carolina, dan Pennsylvania. Dia kini bahkan bisa membagi fokus agar Demokrat juga menguasai kursi kongres.

“Selama berkeliling (untuk kampanye) dalam 17 hari ke depan ini, kami akan menekankan pentingnya memilih Demokrat dalam pemungutan suara,” tegas Clinton seperti dilansir AFP.

Saat ini kursi kongres dikuasai Partai Republik. Hal itu membuat pemerintahan Presiden Barack Obama sulit mengegolkan berbagai kebijakan. Jika Clinton benar-benar menjadi orang nomor satu dan komposisi kongres tidak berubah, nasibnya bakal sama dengan Obama.

Salah satu cara Clinton untuk menjaga keunggulan adalah tidak ikut-ikutan membuat blunder. Karena itu, dia memutuskan untuk tidak lagi menanggapi ocehan-ocehan Trump. ”Saya berdebat dengannya selama 4,5 jam. Saya bahkan tidak berpikir untuk merespons dia lagi saat ini,” ujar Clinton Sabtu lalu (22/10) dalam penerbangan ke Pennsylvania untuk berkampanye.

“Dia (Trump, Red) bisa ngomong apa saja yang diinginkannya. Dia boleh berkampanye semaunya. Saya akan membiarkan rakyat Amerika memutuskan antara apa yang dia tawarkan dan yang kami tawarkan,” tambah istri Bill Clinton itu. (afp/reuters/theguardian/sha/c11/na/adk/jpnn)

Polling Pilpres AS
Lembaga Polling – Hillary Clinton (%) – Donald Trump (%)

BD/TIPP – 42 – 43

Reuters/Ipsos – 44 – 40

RealClear Politics – 48 – 42

LA Times/USC – 44 – 44

ABC News – 53 – 41

Politico/Morning Consult – 46 – 40

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top