TNI dan BIN Masuk Anggota Satgas, Masih Berani Pungli? – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

TNI dan BIN Masuk Anggota Satgas, Masih Berani Pungli?

kendaripos.fajar.co.id JAKARTA–Presiden Joko Widodo resmi membentuk Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar atau Satgas Saber Pungli.

044638_744366_tnie-1

Menurut Menkopolhukam Wiranto, di satgas tersebut ada pejabat-pejabat fungsional bagian pengawasan dari setiap kementerian/lembaga. Termasuk dari TNI dan Polri.

“Kami menempatkan para pejabat fungsional di bidang pengawasan itu untuk duduk di satgas sehingga bisa kita tuntut dia full time untuk konsentrasi mengurus pungli,” ujar Wiranto.

Satgas Saber Pungli itu terdiri dari Menkopolhukam sebagai penanggungjawab, Ketua Pelaksana Irwasum Polri, Waka 1 dari Irjen Kemendagri, Waka 2 dari Jamwas.

Sekretarisnya adalah staf ahli di lingkungan Kemenkopolhukam.Anggotanya dari kepolisian, kejaksaan, kemendagri, PPATK, Ombudsman, BIN dan PM TNI.

“Kenapa PM kami libatkan? Kalau punglinya TNI, itu enggak rikuh lagi untuk bertindak. Karena itu butuh PM dari tiga angkatan,” tegas Wiranto.

Sebelum dijalankan, setiap institusi tersebut sudah memetakan bagian-bagian yang rawan pungli. Ditambah dengan mengumpulkan dari laporan masyarakat.Penindakannya pun berbeda-beda tergantung kategori pungli.

“Ada kategori-kategorinya. Pungli yang bagaimana yang diselesaikan dengan, satu tindakan administratif. Pungli yang bagaimana, pada level apa, besaran yang bagaimana yang kita lanjutkan ke tindakan hukum,” pungkas Wiranto. (flo/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top