Fantastis! Bendungan Raksasa Bakal Dibangun di Kolaka Timur, Biayanya… – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Fantastis! Bendungan Raksasa Bakal Dibangun di Kolaka Timur, Biayanya…

kendaripos.fajar.co.id JAKARTA – Sebuah bendungan raksasa dengan nilai anggaran yang cukup besar dalam waktu dekat akan dibangun di Sultra, tepatnya di Ladongi, Kolaka Timur. Mega proyek itu dimulai tahun ini hingga 2020 nanti.

Ilustrasi

Ilustrasi

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Imam Santoso mengatakan, kontrak untuk untuk Bendungan Ladongi senilai Rp 844 miliar bakal dibayai APBN. Proyek tersebut nanti bakal berjalan multiyears dari 2016 hingga 2020.

“Tahu ini akan ada delapan bendungan kita kontrakkan. Yang sudah adalah Bendungan Kuwil Kowangkoan di Sulawesi Utara, kemudian Bendungan Way Sekampung di Lampung, dan sekarang Bendungan Ladongi,” ungkapnya di Jakarta Kamis (20/10) lalu.

Dia menjelaskan, proyek itu bakal menjadi bendungan pertama yang akan dibangun di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal tersebut sesuai dengan visi pemerintah fokus melakukan pembangunan infrastruktur ke wilayah timur Indonesia.

“Untuk proyek ini, penyedia jasa kontruksi adalah PT Hutama Karya dan PT Bumi Karsa KSO,” jelasnya.
Selanjutnya, pihaknya akan memulai pula lima proyek pembangunan bendungan tahun ini. Antara lain Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis; Bendungan Sukamahi, Bendungan Ciawi, dan Bendungan Cipanas di Jawa Barat; dan Bendungan Napunggete di Nusa Tenggara Timur.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Suparji dalam laporannya mengungkapkan, lokasi Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, daerah genangannya terletak di Desa Ladongi. “Tepatnya di aliran sungai Ladongi,” terangnya.

Bendungan tersebut mampu menampung 36,15 juta meterkubik air yang bisa meningkatkan areal irigasi seluas 3.604 hektare. Selain itu, proyek tersebut bisa menyediakan air baku di Kecamatan Ladongi dan Kecamatan Tirawuta sebesar 82 liter per detik, penyediaan energi listrik 1,5 MW, mereduksi banjir di Kolaka Timur sebesar 51,86 persen. “Selain itu, nanti juga bisa membantu industri pariwisata dan perikanan,’’ terangnya. (bil/oki)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top