Rp 93 Miliar Disiapkan Bangun Jalan Menuju New Port Kendari – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Rp 93 Miliar Disiapkan Bangun Jalan Menuju New Port Kendari

Wali Kota Kendari, H. Asrun

Wali Kota Kendari, H. Asrun

 

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Pemerintah Kota Kendari mempercepat jadwal pembangunan akses jalan menuju New Port Kendari. Sebelumnya, jalan sepanjang kurang lebih dua kilometer itu rencananya akan masuk dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari 2017. Namun dengan berbagai pertimbangan, Pemkot Kendari memutuskan untuk merealisasikan proyek jalan menuju pelabuhan itu akhir tahun ini.

Bukan hanya waktu pelaksanaan yang dipercepat, deadline penyelesaiannya pun dipersingkat menjadi dua bulan. Wali Kota Kendari, Ir. Asrun mengatakan percepatan itu dilakukan untuk mendukung program Presiden Joko Widodo membangun tol laut Nusantara yang salah satu titiknya di Kendari. “Pelindo sudah mau bergerak di lapangan, jadi secepatnya kita siapkan akses masuk. Karena dalam anggaran Rp 960 miliar untuk New Port itu, tidak masuk anggaran jalan. Kalau mau mengajukan lagi pasti butuh waktu satu atau dua tahun. Makanya saya inisiatif biar Pemkot saja yang siapkan,” jelas Kendari-1 dua periode itu, Jumat (21/10).

Salah satu faktor pendukung untuk merealisasikan akses jalan masuk pelabuhan kontainer itu lanjut Asrun, Pemkot telah siap anggaran sebesar Rp 93 miliar. Alokasi itu diambil dari Dana Alokasi Khusus yang diperoleh melalui prestasi pengelolaan keungan yang konsisten. “Dari dana DAK Rp 108 miliar, Rp 93 miliar kita buatkan jalan itu. Sisanya untuk UGD dan Ruang Operasi Modern di rumah sakit kota,” lanjutnya.
Saat ini masih kata mantan Kabid Bina Marga PU Provinsi ini sementara dilakukan proses tender. “Intinya dalam dua bulan ke depan kita akan melihat mobil truk pengangkut material untuk mengerjakan proyek itu,” tandasnya. (elyn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top