Pj Bupati Jangan Seperti “Kacang Lupa Kulitnya” – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Pj Bupati Jangan Seperti “Kacang Lupa Kulitnya”

Para Pj Bupati yang dilantik Gubernur Sultra, H. Nur Alam.  LM SYUHADA RIDZKY/KENDARI POS

Para Pj Bupati yang dilantik Gubernur Sultra, H. Nur Alam.
LM SYUHADA RIDZKY/KENDARI POS

 

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Kurang lebih sebulan tanpa kejelasan, tongkat estafet kepemimpinan di daerah otorita Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng) dan Buton Selatan (Busel) resmi berganti. Jumat (21/10) bertempat di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, tiga Pj Bupati Daerah Otonomi Baru (DOB) ini dilantik Gubernur Sultra, H. Nur Alam. Mereka adalah Pj Bupati Mubar, Ronny Y. Laute, Pj Bupati Busel, H. Ila Ladamay dan Pj Bupati Buteng, La Ode Ali Akbar.

Dalam arahannya, Nur Alam mengingatkan penjabat yang baru dilantik fokus pada tugas mengawal proses pelaksanaan pemerintahan hingga bupati definitif terpilih. Pastikan, birokrasi tak terlibat politik praktis. Bukan hanya itu, Pj Bupati tidak usah ikut-ikutan atau dukung-mendukung calon. Lebih baik fokus pada menyusun draf Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2017.
Bukan hanya memastikan netralitas PNS, mantan Ketua DPW PAN Sultra ini mewanti-wanti agar lebih hati-hati dalam membuat keputusan. Kendati kebijakan yang mengandung unsur diskresi tetap diperbolehkan, namun batasannya dalam undang-undang masih terkesan abu-abu. Makanya, ia menyarankan untuk tak mengambil keputusan yang dianggapnya beresiko.
“Jabatan itu amanah. Makanya, harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Jangan karena merasa punya kewenangan, lalu berbuat sesuatu yang beresiko. Karena itu, kita harus hati-hati. Kalau keliru, akan berimbas pada persoalan hukum,” katanya, mengingatkan.
Sebagai pejabat yang mendapat promosi, pj Bupati jangan terlalu cepat lupa asal-usulnya. Karena menganggap dirinya sudah memiliki kewenangan, lantas seperti “kacang lupa kulitnya”. Arahan yang diberikan gubernur dianggap angin lalu. Bahkan merasa keberadaannya lebih karena kemampuannya. “Beberapa pejabat yang saya promosi, dulunya pegawai biasa. Ada yang pejabat eselon IV, kini menjadi pimpinan SKPD bahkan Pj Bupati. Jadi jangan cepat lupa kebaikan orang lain. Saya dan pak wakil gubernur (H.M.Saleh Lasata) benar-benar mempertimbangkan kondisi psikologisnya. Kami ingin, tidak ada lagi ada dikotomi antara daratan dan kepulauan. Makanya, hampir semua jabatan strategis di tempati pejabat dari semua daerah,” tandas mantan Ketua KONI Sultra ini.
Pj Bupati Buteng, Ali Akbar mengaku siap mengemban amanah. Kepala Biro Administrasi Pemerintahan telah menyiapkan beberapa langkah strategis. Diantaranya, memastikan roda pemerintahan berjalan dengan baik. Makanya, mengisi struktur organisasi pemerintahan yang baru dan menyusun APBD 2017 sesuai ketentuan. Dengan begitu, tanggal 1 Januari program kerja yang disusun sudah bisa dilaksanakan. Untuk proses pembahasan berjalan lancar, ia siap membangun komunikasi dengan DPRD.
Pelaksanaan pelantikan Pj Bupati kali ini, terasa berbeda. Selain tamu undangan yang hadir cukup terbatas, suasananya juga cukup sederhana. Tamu yang datang dari kabupaten hanya sekitar seratusan. Selebihnya pejabat lingkup Pemprov Sultra. (amal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top