Bupati Buton Dicekal, Ini Kata KPK – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Bupati Buton Dicekal, Ini Kata KPK

kendaripos.fajar.co.id.JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam waktu dekat bakal mencekal Bupati Buton periode 2012-2017 Samsu Umar Abdul Samiun untuk bepergian ke luar negeri.

bupati-buton-umar-samiun-sh1

Pencegahan akan dilakukan seiring penetapan Samsu Umar sebagai tersangka pemberi suap terkait sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi.

“Langkah lanjutan setelah penetapan tersangka penyidik segera melakukan (pencegahan)” kata Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati dalam keterangan pers, Kamis (20/10).

Namun, Yuyuk enggan memerinci kapan pencegahan itu akan diajukan ke Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Yuyuk hanya mengatakan, penetapan tersangka Samsu merupakan pengembangan kasus suap terkait pengurusan sengketa Pilkada di MK periode 2011-2012.

Samsu diduga menyuap mantan Ketua MK Akil Mochtar.

“Untuk memengaruhi perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili terkait sengketa Pilkada di Buton 2011-2012,” tutur Yuyuk.

Atas perbuatannya, Samsu diduga melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor.

Diketahui, Bupati Buton Samsu Umar mengaku pernah memberikan uang Rp 1 miliar untuk Akil sekitar 2012. Hal itu disampaikan Samsu saat bersaksi pada sidang Akil.

Menurut Samsu, pemberian uang Rp 1 miliar itu berkaitan dengan sengketa Pilkada Buton yang bergulir di MK. Uang itu dikirim ke CV Ratu Samagat, perusahaan milik istri Akil, Ratu Rita Akil.(put/jpg/chi/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top