2,3 Ton Amonium Nitrat Disita di Talaga – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

2,3 Ton Amonium Nitrat Disita di Talaga

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI– Bahan peledak jenis amonium nitrat marak beredar di masyarakat. Jajaran Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Sultra kembali mengamankan bahan kimia tersebut sebanyak 2,3 ton pada tiga kapal tanpa nama di di Laut Talaga, Kabupaten Buton sejak Minggu (16/10) lalu.

amonium-nitrat-polair-lagi

Selain menyita bahan baku pembuatan bom ikan itu, polisi juga mengamankan tiga warga bernama Masrun alias Maudu, Faisal alias La Ade, dan Jusrin yang diduga sebagai pemilik bahan peledak tersebut.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh menjelaskan penangkapan bermula dari laporan masyarakat yang melihat adanya transaksi amonium nitrat. Polisi lalu melakukan penyamaran dan berhasil menemui salah satu pelaku dan melakukan transaksi hingga dilakukan penggerebekan.

“Ditemukan 95 karung yang masing-masing seberat 25 kilogram. Totalnya 2375 kilogram,” jelas Dolfi, Rabu (19/10).
Ia mengungkapkan, penangkapan tersebut dilakukan personil Subdit Gakkum Ditpolair. “Ketiga pelaku harus memertanggungjawabkan perbuatannya dan dapat dijerat dengan undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilihan bahan peledak, subsider pasal 104 jo pasal 113 dan undang-undang RI nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan,” tegas komisaris polisi itu. (c/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top