Terlibat Kasus Pemalsuan Pada Proyek Instalasi Listrik, Anggota DPRD Muna Ditahan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Terlibat Kasus Pemalsuan Pada Proyek Instalasi Listrik, Anggota DPRD Muna Ditahan

ilustrasi

ilustrasi

 

kendaripos.fajar.co.id, RAHA- Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna melakukan penahanan pada anggota DPRD bernama Darmin, Rabu (19/10). Berkas perkara yang melibatkan legislator dari Partai Gerindra itu dinyatakan sudah lengkap dan untuk kepentingan proses persidangan, yang bersangkutan ditahan di Rutan Kelas IIB Raha.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Muna telah menerima penyerahan tersangka dan barang bukti dalam perkara memberikan keterangan palsu pada akta otentik pemasangan instalasi listrik 37 rumah di Desa Waturempe, Kecamatan Tikep, Muna Barat pada Februari 2014 lalu.
Darmin disangka sebagai pihak yang memberikan keterangan palsu dengan menggunakan perusahaannya CV Jis Elektris di Kantor Konswil Sultra Cabang Muna untuk mengerjakan proyek pemasangan instalasi listrik itu. Padahal, ada perusahaan lain yang mengerjakan instalasi listrik di rumah-rumah penduduk yakni CV Aulia Pertiwi yang dipimpin Orin dan dalam perkara itu sebagai korban.

“Keterangan dalam sertifikat itu adalah keterangan tidak benar yang diajukan terdakwa. Sehingga seolah-olah dia yang menjalankan proyek. Detailnya nanti dipersidangan,” katanya,” ungkap Kasipidum Kejari Muna, Yosephus Ary Sepdian Doko, SH, kemarin.
Dalam kasus itu, negara dirugikan Rp 92 juta. Darmin dijerat pasal 266 ayat 1 dan 2 KUHP tentang pemalsuan dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara.

“Terdakwa ditahan. Pertimbangannya, secara obyektif perkara dengan pasal sebagai mana disangkakan, memenuhi syarat dilakukan penahanan. Secara subyektif, penuntut umum khawatir terdakwa mengulangi tindak pidana, merusak barang bukti atau melarikan diri,” jelas mantan Kasiintel Kejari Minahasa Selatan itu. (ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top