Investor Mau Bangun Pabrik, Gedung SMA Terancam Diratakan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Investor Mau Bangun Pabrik, Gedung SMA Terancam Diratakan

ilustrasi

ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Para siswa SMAN di wilayah Nambo terancam kehilangan tempat belajarnya saat ini. Gedung sekolah yang mereka tempati saat ini tengah diincar pengusaha PT Butonas. Informasi yang diperoleh menyebutkan, pihak perusahaan tersebut sudah mengantongi restu dari pemerintah dengan syarat membangun ulang sarana pendidikan itu dengan konstruksi yang lebih memadai.

Namun kabar persetujuan tersebut ditepis Wali Kota Kendari Ir. H. Asrun. Ia membenarkan jika investor dari PT Butonas punya keinginan untuk menjadikan lokasi SMA yang baru beberapa tahun dibangun tersebut itu sebagai pabrik. “Memang ada permohonan dari Butonas, tapi saya belum tanda tangan izin prinsipnya,” jelasnya, Selasa (18/10).

Asrun mengaku masih harus melakukan kajian lingkungan di lokasi itu. Selain pertimbangan kebisingan aktivitas pabrik yang dapat dipastikan mengganggu masyarakat. Kawasan sekitar SMA Nambo juga akan masuk wilayah perluasan Newport Kendari. “Kalaupun diberi izin, itu berarti kita harus kerja keras lagi merubah tata ruang wilayah kota,” tambah Asrun. Makanya, ahli jalan dan jembatan itu menganjurkan pihak perusahaan sebaiknya mencari lokasi lain sehingga tak banyak pihak dikorbankan.

“Saya harus kedepankan dulu kepentingan masyarakat,” tegas Kendari-1 itu. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kendari, Makmur mengaku, sebagian besar warga Nambo menolak kehadiran PT Butonas di lingkungannya. Sebab, jika sarana sekolah dipindahkan, maka lokasinya akan jauh dari kompleks masyarakat. “Pihak perusahaan menjamin ada gedung pengganti, tapi masyarakat keberatan karena akan lebih jauh, mereka sudah nyaman sekolah di situ,” terangnya. (erlyn ipo)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top