Curi Dana Nasabah …Agen EDC Link Bank Dicokok Polisi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Curi Dana Nasabah …Agen EDC Link Bank Dicokok Polisi

kendaripos.fajar.co.id. LASUSUA- BA, agen Elektronik Data Capture (EDC) Link salah satu bank di Desa Lambai, dijebloskan ke sel Mapolres Kolaka Utara, Senin (17/10). Ia dilaporkan melakukan penipuan pada seorang nasabah berinisial TIS (40) warga desa setempat dengan cara mengantongi PIN dan nomor rekening korban lalu kemudian mentransfer ke rekening miliknya sebesar Rp 20,2 juta.

download-8

Kasatreskrim Polres Kolut, Iptu Fitrayadi yang ditemui menjelaskan, kejadian itu bemula pada pekan lalu saat korban menyuruh kemenakannya berinisial T mentransfer uang ke alamat PT. SC. T kemudian menemui BA yg bertindak selaku agen di Lambai. “Setelah PIN dan nomor rekening diketahui BA, ia lalu menyuruh T ke agen lain milik FR karena di tempatnya tidak bisa mentransfer dengan alasan gangguan jaringan,” tuturnya.

Kurang lebih enam jam setelah kepergian T dan sukses melakukan transfer ke alamat perusahaan, ia kembali ke rumah memperlihatkan buku tabungan dan bukti transaksi. BA kemudian beraksi dengan mengirim saldo TIS ke rekening palsunya dan kembali meneruskan transaksi via transfer ke rekening pribadi hingga menarik tunai sejumlah uang tersebut di ATM.

Namun beberapa hari kemudian, TIS baru menyadari saldonya terkuras saat mencoba melakukan transaksi. Ia pun melakukan kroscek dan rupanya telah terjadi dua kali transfer saat itu dengan dua penerima namun hanya satu bukti transfer. Atas peristiwa tersebut, TIS langsung mendatangi kantor polisi untuk mengadu dan hanya beberapa jam saja BA dibekuk dan dijebloskan ke dalam sel tahanan.

Polisi juga menyita satu kartu ATM, buku rekening, komputer dan mesin transaksi mini milik BA. Pelaku disangka melanggar pasal 81 UU nomor 3 tahun 2011 tentang transfer dana Jo. Pasal 263 ayat (1), (2) dan pasal 362 KUHP terkait pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top