Workshop Kehumasan, Permantap Sinergitas Humas-Kendari Pos – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Workshop Kehumasan, Permantap Sinergitas Humas-Kendari Pos

Peserta workshop kehumasan, yang digelas Kendari Pos, akhir pekan lalu (14-15/10) di Kendari.

Peserta workshop kehumasan, yang digelas Kendari Pos, akhir pekan lalu (14-15/10) di Kendari.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Workshop Kehumasan dalam membangun sinergitas media telah tuntas. Pertemuan selama dua hari (Jumat-Sabtu, 14-15 Oktober) di Hotel D’Blitz Kendari tersebut menjadi wadah dalam menjawab kebuntuan komunikasi antara Humas dan media selama ini. Bahkan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi agenda rutin dalam mengembangkan wawasan dan memperkokoh sinergitas antara Humas dan media.

Workshop tersebut menjadi nilai tambah bagi para pengelola Humas di Sultra, terutama menyangkut kerja-kerja jurnalistik hingga pembuatan rilis. Apalagi fungsi kehumasan berkaitan erat dengan dunia kewartawanan. Untuk meningkatkan kemampuan Humas, Kendari Pos siap memberikan pelatihan dan pemagangan.

Kabag Humas Setda Konawe Kepulauan (Konkep), Arsyad Salam mengapresiasi kegiatan workshop kehumasan tersebut. Ia berharap, kerja sama dengan Kendari Pos bisa terus ditingkatkan. Sebagai media terbesar di Sultra, Pemda Konkep menilai, Kendari Pos merupakan mitra strategis untuk mempublikasikan capaian kerja pemerintah. Apalagi Konkep merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB). Makanya, Bupati dan Wakil Bupati Konkep menaruh harapan besar kemitraan ini bisa terjalin. “Bagi kami, kegiatan ini sangat positif. Dengan kerja sama ini, kita sudah bisa melakukan publikasi secara maksimal. Makanya, saya berharap kegiatan ini terus berlanjut. Sangat membantu fungsi kehumasan dalam memberikan citra positif kinerja pemerintah,” katanya.

Kabag Humas Kolaka Utara (Kolut), Drs Ramang mengatakan, peran media sangat penting dan efektif dalam membangun image pemerintah. Makanya, harus ada sinergitas antara humas dan media. Tanpa dukungan media, informasi mengenai capaian kerja dan prestasi pemerintah tidak maksimal atau hanya terbatas di wilayah tertentu. Sementara harapan pemerintah, informasi ini bisa sampai ke pedesaan. Dengan jaringannya yang luas, Kendari Pos mampu memfasilitasi hal itu.

“Sejauh ini, Kendari Pos cukup besar konstribusi dalam membangun citra pemerintah. Melalui pemberitaannya, informasi yang disajikan cukup efektif. Bukan hanya membangun citra, namun menjadi sarana sosialisasi dalam mendukung program pemerintah. Oleh karena itu, saya berharap sinergitas antar Humas dan Kendari Pos bisa lebih ditingkatkan,” harap Rammang.

Kabag Humas Bombana, Anton Ferdinand mengatakan workshop ini menjadi wadah penyegaran terkait tugas-tugas kehumasan. Tidak hanya menjawab kendala yang selama ini terjadi, namun memberikan pengetahuan baru pada Humas. Melalui pemaparan materi yang disajikan tim Redaksi Kendari Pos, Humas seakan mendapat pembekalan baru, mengenai teknik membuat rilis yang baik. Makanya, silaturahmi ini bisa menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya.

“Ke depan, kerja sama ini harus semakin diperkuat dan terus bersinergi. Kalau bisa ditingkatkan lagi. Masih banyak kegiatan bupati dan wakil bupati yang luput dari pemberitaan. Sementara kegiatan ini sangat penting. Akibatnya, muncul tanggapan bahwa seolah-olah pemerintah tak bekerja. Padahal cukup banyak yang telah dikerjakan pemerintah. Saya kira, jalinan kemitraan ini bisa ditingkatkan. Kami berharap, semakin banyak kegiatan pemerintah yang bisa diakomodir di Harian Kendari Pos,” harapnya.

Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin berharap sinergitas antara Bagian Humas kabupaten/kota se-Sultra dan Kendari Pos bisa terus ditingkatkan. Pada dasarnya, Kendari Pos memiliki komitmen yang sama dengan Pemda dalam membangun daerah. Melalui pemberitaan yang tetap objektif, Kendari Pos ingin kerja-kerja pemerintah bisa tetap terpublikasi. Dengan begitu, masyarakat akan mengetahui cukup banyak program yang dikerjakan pemerintah. Bila kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah positif, maka implementasi program pemerintah bisa dioptimalkan.

Mengenai permintaan Pemda agar koresponden Kendari Pos bisa berada di semua daerah, Irwan berjanji akan menyahuti. Menurutnya, Kendari Pos berkeinginan agar setiap daerah memiliki perwakilan. Apalagi cukup banyak Daerah Otonomi Baru (DOB) yang perlu mendapat dukungan. Namun dengan keterbatasan personel, belum bisa diwujudkan. Makanya, melalui ajang seperti ini Kendari Pos bisa mendapatkan masukan.

“Sebagai media yang terbiasa mengkritisi pemerintah, Kendari Pos selalu membuka diri untuk dikoreksi. Masukan dan saran merupakan hal yang wajar dalam membenahi sistem. Melalui forum seperti ini, saya berharap Pemda bisa memberikan masukan. Makanya, setelah ini harus ada program lanjutan. Kalau bisa, staf humas dikirim untuk mengikuti pemagangan di Kendari Pos. Nantinya, mereka akan dibimbing tim redaksi,” kata Irwan Zainuddin, Sabtu (15/10). (amal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top