SAR Evakuasi 24 Penumpang Mega Rizky 02 – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

SAR Evakuasi 24 Penumpang Mega Rizky 02

pencarian-kapal-melayan-yang-mati-mesin-humas-sar-for-kendari-pos-2

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Kerja tim Search and Rescue (SAR) Kendari yang melakukan pencarian Kapal Nelayan Mega Rizky 02 karena mengalami kerusakan mesin saat sedang berlayar di Laut Banda, berhasil. Begitu mendapat informasi dari Kase, pemilik kapal yang berdomisili di Torobulu, Konawe Selatan tersebut, tim langsung melakukan koordinasi dan persiapan pencarian.

Diketahui, kapal dengan kekuatan 28 Gross Tonage (GT) dan memuat 24 orang tersebut mengalami mati mesin sejak sore, pekan lalu. Kepala Kantor SAR Kendari Amiruddin melalui Humasnya, Wahyudi yang dikonfirmasi Minggu (16/10) menjelaskan, kapal nelayan Mega Rizky 02 berangkat dari Pelabuhan Nusantara Kendari untuk mencari ikan di perairan Laut Banda.

“Namun begitu sampai di tujuan, kapal tersebut mengalami mati mesin. Nahkoda bernama Alief (45) langsung menghubungi pemilik kapal dan selanjutnya mengabarkan ke SAR. Kami langsung lakukan koordinasi dengan pihak Kantor SAR Ambon, karena titik lokasi kejadian kapal mengalami mati mesin berada di wilayah kerja mereka,” jelasnya.

Namun setelah dilakukan penghitungan dengan menggunakan perangkat SAR map untuk memerkirakan gelombang dan arah angin, diketahui, kapal telah bergeser di wilayah kerja Kendari. “Kami langsung menurunkan tim untuk melakukan pencarian dan evakuasi dengan menggunakan Kapal Rescue Boat (RB) 210 milik SAR Kendari. Siang tadi mereka telah dievakuasi setelah ditemukan di sekitar Pulau Menui. Semua penumpang selamat,” ungkap Wahyudi, kemarin.

Ia pun terus mengimbau pada seluruh warga yang akan melakukan aktivitas di laut, baik itu mencari ikan atau lainnya harus memerhatikan kondisi alat transportasinya. “Jangan memaksa kapal tersebut berlayar kalau sedang mengalami kerusakan dan yang terpenting juga harus memerhatikan cuaca. Utamakan keselamatan dalam melakukan aktivitas. Lengkapi dengan pelampung dan lainnya,” pesan Wahyudi. (komar)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top