Ribuan Orang Padati Penutupan Peksiminas di UHO, Yogyakarta Juara Umum – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Ribuan Orang Padati Penutupan Peksiminas di UHO, Yogyakarta Juara Umum

Panitia penyelenggara membacakan para juara Peksiminas disaksikan Rektor UHO, Prof Usman Rianse, Direktur Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Didin Wahidin dan sejumlah pejabat lainnya di penutupan Peksiminas, Minggu (16/10) malam.

Sekretaris Panitia penyelenggara, AG Sudibyo membacakan para juara Peksiminas disaksikan Rektor UHO, Prof Usman Rianse, Direktur Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Didin Wahidin dan sejumlah pejabat lainnya di penutupan Peksiminas, Minggu (16/10) malam.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Dua hajatan besar sukses dilaksanakan Universitas Halu Oleo (UHO). Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) berakhir tadi malam, sekira pukul 09.15 Wita. Selain Peksiminas, UHO juga sukses menyelenggarakan Expo 2016 yang akan ditutup hari ini (Senin, red).

Pada penutupan Peksiminas tadi malam, ribuan pengunjung memadati lapangan sepakbola universitas terbesar di Sultra. Beragam penampilan yang disuguhkan mahasiswa, mengakhiri event yang diikuti 32 provinsi itu. Ada tarian adat suku Papua dan penampilan kesenian daerah lainnya di Indonesia. Bahkan, Peksiminal ditutup dengan sebuah lagu ciptaan Prof Usman Rianse berjudul “Inspirasi Bangsa”.

Rektor UHO Prof Usman Rianse mengatakan, penyelenggaraan peksiminas pertama kali bertepatan dengam bulan purnama. Ada 816 peserta yang bertarung dengan rincian 395 perempuan dan 421 putra. Sebanyak 32 provinsi yang ikut bertarung, peserta paling banyak dari Provinsi Sumsel. Pada kesempatan ini, kata dia, lagu “Inspirasi Bangsa” turut dilaunching.

Sementara itu, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswan Kemenristekdikti, Prof Intan Ahmad PhD mengatakan, dalam kegiatan Peksiminas, selain menjadi juara, ini juga moment terbentuknya persaudaraan antar anak bangsa. Kegiatan seni adalah kegiatan yang tidak ada dalam bangku kuliah tapi ekstrakulikuler. Kalau hanya akademik saja, wawasan tidak akan sebaik saat ini. Pengalaman ini akan dikenang dalam jangka waktu lama. Bahkan, hingga 40 tahun mendatang, kesan yang didapatkan di Peksiminas akan menjadi nostalgia indah.

“Yang menjadi juara tidak berhenti sampai di sini. Begitu pula yang tidak juara. Harus tetap mengasah kemampuan. Karena bila Anda berbakat, akan menjadi pekerjaan profesional. Kegiatan ini bukan hanya sekdar lomba, tapi melihat keragamaan bangsa yang melekat nilai-nilai saling menghargai dan menghormati,” ungkapnya.

Kegiatan Peksiminas 2016 yang berlangsung di UHO (11-16/10), tampil sebagai juara umum yakni, Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan lima medali emas, enam perak, dan satu perunggu.Kemudian menyusul BPSMI Jawa Timur dengan tiga emas, tiga perak, dan dua perunggu, dan BPSMI Jawa Tengah memperoleh tiga emas, dua perak, dan lima perunggu bertenger di posisi ketiga.

Utusan Sultra, tahun 2016 ini belum beruntung masuk 10 besar. Sultra hanya menyumbangkan satu medali perak diketegori tangkai  lomba fotografi hitam putih.

Adapun sepuluh besar Peksiminas di UHO 2016 adalah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tenggah, Bali, Riau, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Gorontalo, dan Kepulauan Bangka Belitung. (RAMADHAN)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top