Duh .. Masih Ada 100 Ribu Jiwa di Kota Kendari Belum Terdaftar di JKN – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Duh .. Masih Ada 100 Ribu Jiwa di Kota Kendari Belum Terdaftar di JKN

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI– Pihak BPJS Kendari merilis, hingga September 2016 lalu, warga metro yang terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) baru mencapai 205 ribu jiwa atau 61 persen dari jumlah penduduk Kota Kendari. Itu artinya masih ada sekitar 100 ribu jiwa yang belum bisa menikmati layanan kesehatan gratis dari pemerintah.

download-7

Sementara untuk iuran JKN itu sudah mencapai Rp 56 miliar dengan tingkat kolektibilitas peserta mencapai 80 persen. Sedangkan realisasi biaya pelayanan kesehatan sebesar Rp 120 miliar. Menurut Wali Kota Kendari, Ir. H. Asrun dari data itu, partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan layanan kesehatan itu sudah terbilang baik.

Soal masih adanya 39 persen penduduk metro yang belum menikmati JKN, Ia menegaskan pemerintah daerah masih terus berupaya mendata agar dapat masuk dalam JKN tersebut. Solusinya, Pemkot mengalokasikam anggaran untuk membuat kartu jaminan kesehatan khusus bagi mereka. Sehingga warga tetap bisa berobat tanpa terbebani dengan biaya. “Kita juga ada program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), tapi mungkin tidak bisa dimasukkan sekaligus. Walaupun dianggarkan setiap tahun,” jelasnya.

Hingga saat ini, sudah ribuan warga yang mengantongi kartu Jamkesda. Tahun depan Pemkot juga menyiapkan dana dari APBD untuk pelayanan kesehatan gratis itu. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top