Wow, 253 Batang Kayu Tak Bertuan, Ditemukan Dalam Kontainer – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Wow, 253 Batang Kayu Tak Bertuan, Ditemukan Dalam Kontainer

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI Pekan lalu, aparat Subdit IV Tipiter Direskrimsus Polda Sultra melakukan penggerebekan pada Depo PT Sril Baubau, di Pelabuhan Murhum. Hasilnya, polisi menyita 253 batang kayu jati yang berada dalam dua kontainer berwarna hijau dengan label perusahaan tersebut. Sayangnya, aparat tidak berhasil menemukan pemilik kayu diduga ilegal tersebut.

ilustrasi-kayu

Pihak Subdit IV Tipiter melalui Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh yang dikonfirmasi Jumat (14/10) menjelaskan, penggerebekan tersebut bermula dari kecurigaan terhadap muatan kontainer. Dan setelah dilakukan pengecekan oleh pihak Subdit IV Tipiter yang berkordinasi dengan Polres Baubau, ditemukan satu kontainer bernomor seri SPNU-271984-2 berisikan kayu jati sebanyak 162 batang dan satu kemasan lainnya dengan kode SPNU-276013-1 memuat 191 batang.

“Setelah dilakukan pengecekan kayu tersebut tidak memiliki dokumen yang lengkap. Makanya polisi mengamankan seluruh barang bukti untuk dilakukan penyelidikan dan menemukan siapa pemilik kayu tersebut,” jelasnya, kemarin. Kompol Dolfi Kumaseh juga menjelaskan, dalam kasus illegal logging tersebut, pemilik kayu disangka telah melakukan tindak pidana pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan sesuai pasal 83 ayat 1, junto pasal 12, junto pasal 87 dan undang-undang RI nomor 18 tahun 2013.

“Jadi dalam kasus tersebut, penyidik akan memeriksa beberapa saksi, diantaranya dari pihak PT Sril itu sendiri. Karena barang bukti tersebut diamankan di pelabuhan perusahaan itu. Penyidik juga mengamankan beberapa Daftar Kayu Olahan (DKO) dan nota transportasi yang digunakan dalam mobilisasi kayu ilegal ini,” tandas Dolfi. (b/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top