Najib Husain : Balon Terkaya Bukan Jadi Jaminan Menang di Pilkada Serentak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Najib Husain : Balon Terkaya Bukan Jadi Jaminan Menang di Pilkada Serentak

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI– Bakal calon kepala daerah telah melapor harta kekayaan mereka ke KPK. Unjuk kekuatan ekonomi diprediksi masih akan mewarnai Pilkada 2017. Bahkan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra telah memetakan seluruh daerah yang rawan politik uang.

download-6

Berdasarkan data yang dilansir wibsate kpk.go.id., Untuk sementara bakal calon kepala daerah yang paling terkaya masih dipegang bakal calon bupati Buton Tengah, Samahuddin dengan harta kekayaan mencapai Rp 22 miliar. Sedangkan balon termiskin disabet bakal calon Wali Kota Kendari, Abdul Rasak dengan jumlah kekeyaan Rp 930 juta.

Pakar Politik Sultra, Najib Husain mengatakan, banyaknya modal finansial bukanlah menjadi indikator bakal calon kepala daerah akan menang mulus pada pilkada serentak. Menurutnya, siapa yang akan keluar sebagai pemenang pada pertarungan nantinya akan ditentukan oleh strategi yang mereka gunakan dalam menjalankan mesin politiknya. “Bakal calon harus mampu meyakinkan masyarakat terkait visi dan misi yang ditawarkan,” ujar Najib Husain, Jumat (14/10).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo ini juga menuturkan, indikator lain yang bisa mendongkrak perolehan suara sangat ditentukan dukungan para tokoh politik. Menurut Najib, tokoh masyarakat merupakan figur yang memiliki basis massa yang jelas dan patut untuk diperhitungkan.

“Memang Pilkada cukup mengguras finansial seluruh bakal calon. Tentunya, hampir dipastikan seluruh balon yang maju pada pilkada serentak harus memiliki finansial yang memadai. Kendati demikian, itu bukan jaminan untuk menjadi pemenang. Bercermin pada pilkada 2015, begitu banyaknya incumbent yang bertumbangan padahal memiliki finansial memadai,” ungkap Najib. (had/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top