Kendari Pos-Humas Sepakat Gelar Workshop Kehumasan Internasional – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Kendari Pos-Humas Sepakat Gelar Workshop Kehumasan Internasional

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin SH dan Karo Humas Setprov Sultra, Drs H Kusnadi MSi ketika mencapaikan materi pada worhshop kehumasan, dipandu Direktur Kendrai Pos, La Ode Diada Nebansi. Foto: M Syuhada/kendaripos

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin SH dan Karo Humas Setprov Sultra, Drs H Kusnadi MSi ketika menyapaikan materi pada worhshop kehumasan yang dipandu Direktur Kendrai Pos, La Ode Diada Nebansi, Jumat (14/10). Foto: M Syuhada/kendaripos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Kemitraan antara Kendari Pos dan seluruh jajaran humas pemerintah daerah di Sultra bakal semakin baik. Acara Workshop Kehumasan yang dibuka oleh Karo Humas Setprov Sultra, Drs H Kusnadi MSi, Jumat (14/10), berjalan sukses. Belasan pejabat Humas dari berbagai daerah hadir dan kemudian melahirkan sejumlah ide-ide kreatif dalam mengembangkan peran dan fungsi kehumasan.

Salah satu ide yang mengemuka kemarin adalah workshop kehumasan internasional, dengan menyambangi media-media di luar negeri. Tujuannya, agar wawasan para pejabat humas bisa lebih terbuka dan punya pemahaman seragam soal perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang. “Humas harus punya pemahaman mendasar soal kerja-kerja jurnalistik, tidak hanya pada skala lokal atau nasional, namun juga internasional,” kata Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin, saat memberi sambutan di acara pembukaan Workshop Kehumasan, kemarin.

Irwan menambahkan peran humas di era sekarang sudah semakin luas. Makanya, kemampuan humas harus terus ditingkatkan. Paling tidak, bisa memahami kerja-kerja jurnalistik. Makanya, senergitas media dan humas diera keterbukaan sangat strategis dalam pelaksanaan tugas kehumasan. Terutama dalam menyebarluaskan program kerja pemerintah. Ia pun berharap agar kerja sama kemitraan antara humas sebagai corong pemerintah dan media harus terjalin erat.

Suwardi Thahir diundang khusus dari Makassa untuk menyampaikan materi di acara workshop kehumasan kerjasama Kendari Pos-Biro Humas, Jumat (14/10). Foto: M Syuhada/Kendrai Pos

Suwardi Thahir diundang khusus dari Makassa untuk menyampaikan materi di acara workshop kehumasan kerjasama Kendari Pos-Biro Humas, Jumat (14/10). Foto: M Syuhada/Kendrai Pos

“Melalui media, pencapaian kerja dan prestasi pemerintah bisa terpublikasi dengan baik. Sebab bagaimanapun, karya-karya jurnalistik tetap mendapat kepercayaan. Makanya, ada baiknya, sinergitas ini ditingkatkan melalui work shop kehumasan Internasional. Ini bisa menambah wawasan dan pehamanan kehumasan. Bagaimana kerja-kerja harian media cetak di negara lain. Diantaranya, Malaysia dan Singapura,” kata Irwan Zainuddin.

Sementara itu, Ketua Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) Sultra, H Kusnadi mengapresiasi digelarnya acara workshop tersebut. Ia berharap kegiatan tersebut bisa memberikan masukan terhadap fungsi kehumasan. Sebab tidak dipungkiri, masih banyak “PR” kehumasan yang perlu dibenahi. Menurutnya, program kerja pemerintah terutama di Daerah Otonomi Baru (DOB) belum terpublikasikan dengan baik. Makanya, ia meminta kegiatan ini bisa berkelanjutan.

Salah satunya, menyangkut pelaksanaan workshop kehumasan internasional. Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, para pengelola kehumasan bisa mengusulkan anggarannya di APBD 2017. Dengan terbuka, ia mengakui bahwa sejauh ini Kendari Pos adalah media yang dianggapnya masih “ramah” dengan pemerintah. Meski seringkali mengkritisi, tapi tidak serampangan, tapi berbasis data akurat.

“Kendari Pos memiliki andil besar dalam menginformasikan program kerja pemerintah. Kendati kritis, penyajian beritanya cukup membangun. Masukan dan saran, justru membuat pemerintah lebih meningkatkan kinerjanya. Begitupun dengan sajian media onlinenya, lewat kendaripos.fajar.co.id. Saya ingin, kerja sama ini bisa direspon Pemda di Sultra. Apalagi Kendari Pos, merupakan media terbesar di Sultra,” ajak Kepala Biro Humas dan PDE Sultra, saat membuka Workshop Kehumasan se-Sultra ini.

Malamnya, Ir Suwardi Thahir MI.Kom, Direktur PT Media Fajar Holding dan dosen Universitas Fajar, mengulas terkait sinergitas humas dan media. (amal)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top