WARNING! Walikota Ingatkan Tidak Pungli – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

WARNING! Walikota Ingatkan Tidak Pungli

Walikota Kendari, Asrun

Walikota Kendari, Asrun

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Bukan rahasia, praktik pungutan liar (Pungli) dalam setiap pengurusan administrasi dan kepentingan lain di lembaga pemerintahan masih terus berlangsung. Untuk merevolusi mental aparatur sipil negara (ASN), Pemkot Kendari pun kini mengeluarkan peringatan keras pada para pamong daerah yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat. Hal itu juga dilakukan sebagai tindak lanjut instruksi presiden setelah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kementerian Perhubungan beberapa hari lalu.

“Saya ingatkan betul-betul pada para Lurah, Camat, di catatan sipil, perizinan dan beberapa instansi layanan publik lainnya. Pungli itu tindakan tidak terpuji dan berbahaya. Kalau terkena OTT tidak ada ampunan lagi,” tegas Wali Kota Kendari, Ir. H. Asrun saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/10).

Meski demikian, doktor jebolan Universitas Brawijaya ini juga mengingatkan, tidak semua urusan masyarakat di instansi pemerintah, gratis. Artinya, mungkin saja ada biaya yang diterima petugas pelayanan, namun sudah sesuai aturan dan masuk ke kas daerah dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah.

Untuk hal semacam itu lanjut Asrun sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Wali Kota. “Ada juga yang memang punya Perda. Itu kewajiban masyarakat, misalnya retribusi sampah di kelurahan, itu bukan Pungli. Tapi masyarakat menilai itu ilegal, padahal tidak,” sambungnya.

Ketua DPD PAN Kota Kendari itu pun meminta masyarakat untuk memahami peraturan daerah. Kemudian, pemerintah yang membidangi sosialisasi peraturan daerah juga harus intens memberikan pemahaman pada masyarakat. “Peraturan daerah itu kan bisa ditempel-tempel di kantor pelayanan, supaya tidak menimbulkan tanda tanya masyarakat. Kalau ada PNS minta uang tanyakan aturannya. Jika tidak ada, itu baru Pungli, laporkan saja itu,” tegasnya. (elyn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top