Pembukaan Expo UHO Semarak, Mahasiswa Unjuk Kreatifitas – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Pembukaan Expo UHO Semarak, Mahasiswa Unjuk Kreatifitas

Pesawat tanpa awak ciptaan mahasiswa Fakultas Perikanan UHO. Foto: sawal lakawa

Direktur Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Rektor Usman Rianse, dan sejumlah tamu undangan menyaksikan langsung pesawat tanpa awak ciptaan mahasiswa Fakultas Perikanan UHO. Sebelumnya pesawat ini telah atraksi terbang di sekitar arena. Foto: sawal lakawa

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Agenda rutin tahunan Expo Universitas Halu Oleo (UHO) kembali digelar, Rabu (12/10). Ekspo UHO tahun 2016 secara resmi dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan Kementrian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) bersama Rektor UHO, Usman Rianse, Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin, anggota Forkompimda Sultra, serta sejumlah pejabat tinggi UHO. Pembukaan yang berlangsung di lapangan hijau UHO itu ditandai dengan pemukulan gong.

Setelah pemukulan gong semaraknya expo langsung mewarnai acara. Pertunjukkan pesawat hasil kreasi mahasiswa Fakultas Perikanan langsung memecah keheningan, Pesawat yang diciptakan untuk membantu pemantauan perikanan di perairan laut tersebut berputar-putar di lokasi. Hal itu menarik perhatian seluruh pengunjung untuk melihat langsung kondisi pesawat buatan mahasiswa perikanan tersebut.

Selain atraksi pesawat, pembukaan juga diisi lantunan suara dari Trio Profesor,  vokal grup UHO, marchin band, serta sejumlah tari-tarian kreasi persembahan mahasiswa UHO.

Selanjutnya, para petinggi Unhalu mengunjungi 60 stand dari seluruh program studi yang ada di Universitas Halu Oleo. Tamu undangan sangat kagum dan bangga melihat  perkembangan yang dicapai program studi masing-masing, tapi juga berbagai prestasi yang diraih, karya ilmiah yang ditorehkan, dan berbagai kreatifitas mahasiswa. Yang menarik, tak hanya menampilkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai disiplin ilmu yang tengah ditekuni, tetapi juga kreatifitas dengan menonjolkan kearifan lokal juga mewarnai di stand pameran.

Penampilan marchind band saat pembukaan Expo UHO 2016.

Penampilan marchind band saat pembukaan Expo UHO 2016.

Fakultas Teknik, misalnya, selain menampilkan roket dari botol aqua, ditampilkan juga arsitektur bangunan yang menggunakan bambu. Demikian juga di Fakultas Ilmu Budaya, yang menampilkan bangunan beratapkan ilalang.

Antusiasme dan kreatifitas mahasiswa itu membuat Rektor Usman Rianse berbangga. “Kita berada di sini dan menjadi terhormat karena ada mahasiswa yang memberi inspirasi, ada mahasiswa yang memiliki massa depan. Tanpa mahasiswa tidak mungkin kita ada kehormatan. Olehnya, saya mengharapkan kepada kita semua untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh mahasiswa Universitas Halu Oleo di fakultas manapun mereka berada,” kata Usman Rianse.

Roket dari botol plastik kreatifitas mahasiswa Fakultas Teknik UHO.

Roket dari botol plastik kreatifitas mahasiswa Fakultas Teknik UHO.

Apa yang ditampilkan pada kegiatan Expo UHO 2016, ungkap Usman, menunjukkan merupakan universitas yang maju, mandiri, dan bermartabat. Martabat itu tentu bukan hanya melekat pada para profesor, doktor, dan para tenaga pendidikan, tetapi martabat itu justru melekat pada mahasiswanya. “Apa yang ditampilkan pada expo ini membuat saya sangat bangga. Saya memang tak pernah ragu dengan kemampuan dari mahasiswa UHO, yang bisa mengkombinasikan kearifan lokal dan tambahan ilmu pengetahuan serta moral  yang kita berikan bisa menjadi tuang rumah di negerinya sendiri, Indonesia,” tutur Usman Rianse.

Pada kegiatan pembukaan juga turut memberikan sambutan Direktur Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, dan Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin.

“Kami berterima kasih kepada Rektor  UHO, yang selalu memberi kepercayaan kepada Kendari Pos untuk menjadi penyelenggara Expo UHO sejak pertama digelar hingga saat ini,” kata Irwan Zainuddin. (sawal)

 

 

Rektor Usman Riansa

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top