M Najib Husain : Isu SARA Tak Berlaku di Pilwali Kendari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Pilwali Kendari 2017

M Najib Husain : Isu SARA Tak Berlaku di Pilwali Kendari

 

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI — Isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) di Pilkada DKI Jakarta jadi senjata ampuh figur tertentu dan menyerang figur lain. Kondisi itu bagi pakar komunikasi politik Sultra, M Najib Husain tidak berlaku di Pilwali Kota Kendari.

“Saya rasa tidak berlaku disini. Meski, beberapa figur bakal calon Wali Kota Kendari dan Wakil Wali Kota Kendari berasal dari suku yang berbeda. Disisi lain, isu SARA tak akan menjadi pilihan yang dominan  digunakan bakal calon kepala daerah untuk mendapatkan simpati masyarakat Kota Kendari. Sebab itu, hanya cenderung memecah belah dan menciptakan kegaduhan,” ujar Najib Husain, Rabu (12/10/2016).

Najib tetap berharap seluruh pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota serta tim pemenangannya agar mengutamakan sikap berkompetisi sehat. Melakukan kampanye hitam dengan menebar kebencian diberbagi media sosial atau membagikan selebaran yang memicu terjadinya konflik menjelang pilkada dianggap bukan politik santun.

Apabila hal itu terjadi maka polisi dan Bawaslu Sultra harus bekerja ekstra mencegah atau pun mengantisipasi merebaknya isu SARA menjelang Pilwali Kota Kendari. “Pilwali merupakan milik semua masyarakat Kendari dalam menentukan pemimpin selanjutnya. Olehnya itu, wajib seluruh masyarakat menciptakan demokrasi yang kondusif dan sehat,” kata Najib.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Halu Oleo itu menganalisa siapapun yang menjadi pemenang Pilwali nantinya, bukan ditentukan unsur SARA tetapi siapa figur di balik layar yang mendukung tiga pasangan bakal calon tersebut. Menurutnya, hadirnya tokoh nasional yang masuk dalam juru kampanye tidak akan memberikan pengaruh siginfikan terhadap masyarakat dalam menentukan pilihan.

“Memang Pilwali Kota Kendari menarik untuk diikuti. Sebab yang bertarung tidak hanya tiga pasangan bakal calon tersebut. Tetapi, beberapa tokoh politik Sultra dipastikan bakal turun gunung untuk memberikan dukungan agar jagoan mereka dapat memenangkan pertarungan,” tutupnya. (had/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top