Awas! Makanan Kedaluwarsa Masih Beredar – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Awas! Makanan Kedaluwarsa Masih Beredar

kendaripos.fajar.co.id. KOLAKA- Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopperindag) Kolaka secara rutin terus melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman yang dijual di sejumlah wilayah di Bumi Mekongga. Pada Selasa (11/10) kemarin, instansi yang dinahkodai oleh Hj Asmani Arif itu melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah toko di Kecamatan Pomalaa. Dimana sehari sebelumnya, sidak juga dilakukan di Kecamatan Wundalako dan Kolaka.

kedaluwarsa-lagi

Kepala Bidang Metrologi dan Perlindungan Konsumen Diskopperindag Kolaka, Nelly T mengungkapkan, dari hasil sidak yang digelar di empat toko yang ada di Kecamatan Pomalaa, pihaknya menemukan beberapa makanan dan minuman yang telah kedaluwarsa. Namun, temuan kali ini jauh lebih berkurang dibanding dengan sidak yang dilakukan beberapa waktu yang lalu.

“Di Pomalaa ada kami temukan toko yang jual makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa. Tapi jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan sidak yang kami gelar beberpa bulan yang lalu. Kalau dulu kami temukan produk kedaluwarsa berdos-dos, sekarang hanya beberapa saja,” ungkapnya.

Kata Nelly, pada sidak tersebut pihaknya tidak hanya mengamankan produk yang expired, tetapi juga produk yang rusak dan akan kedaluwarsa. Selain itu, juga dilakukan pembinaan terhadap pemilik toko tentang penataan makanan dan minuman.

“Barang yang rusak dan makanan dan minuman yang sudah tiga bulan mau kedaluwarsa itu juga kami amankan. Selain itu, kami juga meminta kepada pemilik toko agar tidak menyimpan makanan dan minuman berdekatan dengan sabun atau produk yang berbahaya lainnya jika dicampur dengan makanan, seperti obat nyamuk,” tukasnya.

Nelly menuturkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman yang dijual di Kabupaten Kolaka. Bagi penjual ataupun distributor yang kedapatan menyalurkan atau menjual makanan dan minuman yang kedaluwarsa akan diberikan peringatan.

“Kami akan mengamankan makanan dan minuman yang kedaluwarsa yang dijual. Kemudian pemiliknya akan kami suruh buat surat pernyataan. Kalau masih dia masih menjualnya, maka ia dapat dipidanakan. Makanya dalam sidak kami juga libatkan Dinas Kesehatan dan Kepolisian,” ujarnya. (fad/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top