TKBM Siap-siap…. Pelabuhan Bungkutoko Beroperasi Mulai 1 November – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

TKBM Siap-siap…. Pelabuhan Bungkutoko Beroperasi Mulai 1 November

Pelabuhan Bungkutoko

Pelabuhan Bungkutoko

 


kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Setelah tak difungsikan pasca diresmikan Mei lalu, pengoperasian Pelabuhan Bungkutoko akhirnya mendapat kejelasan. 1 November mendatang disepakati semua pihak terkait akan menjadi hari perdana pemanfaatan pelabuhan itu. Hal tersebut terungkap dalam rapat bersama instansi terkait dengan Wali Kota Kendari, Ir. H. Asrun beserta jajarannya, Senin (10/10).


Kepala Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari, Akhriadi menuturkan sejak 1 Juni lalu, pihaknya telah mendapat perintah dari Menteri Perhubungan untuk mengoperasikan pelabuhan itu. Instruksi itu ditindaklanjuti dengan penunjukan PT. Pelindo IV Kendari sebagai operator. “Saat ini sudah lengkap semua, sudah ada PT. Pelindo sebagai operator dan TKBM Tunas Bangsa Mandiri sebagai mitranya. Jadi kalau disetujui wali kota, tanggal 1 November nanti sudah bisa kita operasikan. Bahkan sebelum itu jika ada kapal kargo masuk, sudah bisa kita layani,” ungkapnya.


Akhriadi menambahkan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) itu harus membuat kesepakatan tarif bersama Pelindo nantinya. Sebab selama ini tidak pernah diterapkan tarif tetap, sehingga berpotensi merugikan masyarakat. “Buruh itu dibiarkan tawar menawar dengan penumpang atau pemilik barang di kapal. Kalau dapat orang baru dia pasang harga tinggi. Makanya harus ada ketetapan tarif sesuai kategorinya,” tambahnya.
Kepala Pelindo IV Kendari, Suparman membenarkan penunjukam itu dan tengah melengkapi peralatan di lokasi. Dia juga berjanji akan segera menggelar pertemuan dengan TKBM untuk membahas tarif itu. “Soal persiapan sudah aman. Yang tidak aman ini kekhawatiran kita di hari H nanti. Karena masalah TKBM ini jangan sampai ada aksi,” katanya.


Wali Kota Kendari, Ir. H. Asrun menyambut rencana pengoperasian itu. Pemkot siap mendukung kelancarannya dengan melibatkan semua pihak. “Soal air saya sudah perintahkan PDAM. Untuk kabel listrik yang masih pendek-pendek itu juga saya suruh bagian SDA untuk naikan lagi. Pokoknya semua saya akan upayakan yang terbaik, karena sudah lama saya nantikan ini,” antusias kepala daerah dua periode itu.
Soal keamanan, Asrun meminta aparat hukum bersiaga. Menurutnya tidak akan ada gesekan bila Pelabuhan Nusantara dan Pelabuhan Bungkutoko tetap aktif. “TKBM jangan panik, kalaupun ditutup dengan Jembatan Bahteramas nanti, masih ada New Port Kendari. Justru akan lebih banyak barang yang dibongkar muat,” jelasnya.


Sementara itu, pihak Polsek KP3 dan Lanal Kendari menjamin keamanan dan kelancaran pengoperasian pelabuhan itu. “Soal keamanan, kami akan bekerjasama. Kami sudah tempatkan personil di Pelabuhan Bungkutoko sekarang, kekurangan kami saat ini soal kantor penjagaan,” ungkap Ipda Rachmat Zam Zam, Kapolsek KP3 Kendari. Permintaan itu langsung direspon Kendari-1 untuk membebaskan lahan pendirian pos KP3. (elyn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top