Patah Kemudi, KM Faradila Adios Terombang Ambing – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Patah Kemudi, KM Faradila Adios Terombang Ambing

 

kendaripos.fajar.co.id BAUBAU- Kapal Motor (KM) Faradila Adios nyaris tenggelam. Kendaraan laut pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) itu mengalami patah kemudi di Perairan Tanjung Masiri mengarah ke selatan pada Sabtu (8/10). Peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 17.00 Wita, saat berlayar pukul 11.30 dari Kota Baubau menuju Kabupaten Wakatobi.

km-faradilla

KM Fardila Adios terombang ambing tanpa kemudi setelah beberapa jam meninggalkan Pelabuhan Murhun Baubau. Jumlah penumpang sebanyak sembilan orang, seluruhnya adalah Anak Buah Kapal (ABK) dan kapten kapal.

“Kami mendapat laporan kejadian dari salah satu crew kapal sekitar pukul 17.00 Wita. Kami bergegas menuju TKP sekitar pukul 20.15 menggunakan Kapal Sar 307 dengan jumlah personil 12 orang. Tepat pukul 21.00 Wita, posisi kapal berhasil kami temukan di perairan Desa La Ompo Kabupaten Buton Selatan ( Busel),” kata Koordinator Pos Sar Baubau Al Amrat, Minggu (9/10).

Saat ditemukan, lanjut dia, posisi kapal sudah dalam kondisi aman. Berhasil keluar dari Tanjung Masiri dan memutar arah kembali ke Pelabuhan Murhum Baubau. “Beruntung, kerusakan hanya terjadi pada kemudi kapal. Dua mesinnya tidak bermasalah. Sehingga, mereka memanfaatkanya untuk mengambil haluan sedikit-demi sedikit hingga berhasil memutar arah kapal. Kalau tidak, kapal akan terseret ombak menuju Selatan,” terangnya.

Dugaan besar penyebap rusaknya kemudi KM Faradila Adios karena cuaca buruk. Sehingga, kemudi kapal tidak bisa difungsikan sama sekali. “Saya tidak tau pasti penyebapnya apa. Tetapi, sesuai pengakuan ABK, gelombang di Tanjung Masiri cukup besar. Ketinggianya mencapai 1 hingga 2 meter,” pungkasnya. (ahi/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top