1 Dirawat, 1 Meninggal, Hanya 453 Jamaah Haji Tiba di Kendari Hari Ini – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

1 Dirawat, 1 Meninggal, Hanya 453 Jamaah Haji Tiba di Kendari Hari Ini

Jamaah haji kloter 19 telah tiba dan diterima di embarkasi Haji Makassar, Minggu (8/10/2016) malam. Senin (10/10) hari ini akan tiba di Kendari.

Jamaah haji kloter 19 telah tiba dan diterima di embarkasi Haji Makassar, Minggu (8/10/2016) malam. Senin (10/10) hari ini akan tiba di Kendari. Foto:Ramadhan/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Jamaah haji asal Sultra kloter 19 telah tiba di Embarkasi Makassar, Minggu (9/10) sekira pukul 18.02 Wita. Jumlah jamaah haji kloter 19 yang berasal dari Kota Kendari, Butur, Konawe, dan Konut sebanyak 455 orang. Namun, masih ada satu orang yang tertinggal di Jeddah dan sedang dirawat karena sakit.

Jamaah haji itu bernama Ratmini Kamno (78), asal Kota Kendari. Kondisi kesehatannya tidak memungkinkan ikut penerbangan kloter 19 dan sedang dirawat pada rumah sakit di Jeddah. Ratmini akan diberangkatkan bersama rombongan lainnya jika kondisi kesehatannya sudah membaik.

Sementara satu jamaah haji lainnya bernama H Abdul Karim yang tergabung dalam kloter 19 dikabarkan wafat beberapa waktu lalu. Dengan begitu, hanya 453 jamaah yang tiba di Embarkasi Makassar, tadi malam.

Kakanwil Kemenag Sultra, Ali Irfan mengatakan jamaah haji yang sakit tetap ada petugas dari Sultra yang mendampinginya hingga kembali ke tanah air. “Jadi keluarga yang bersangkutan tidak usah khawatir,” ujarnya.

Sebanyak 453 jamaah haji yang tergabung dalam kloter 19 diterima secara resmi di Asrama Haji Sudiang. Ali Irfan berharap nilai mabrur dijaga hingga akhir hayat. Jangan dirusak nilai mabrur pasca haji dengan hal-hal yang dilarang oleh Allah. Nilai ibadah selama di tanah suci bisa terus dijaga. “PPH Sulsel yang telah menerima kami dengan baik. Semoga jamaah haji ke depan bisa lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Panitia Haji Sultra, Sunardin mengatakan pemulangan jamaah haji diberangkatkan ke Kendari usai salat Subuh, tadi. Mereka diberangkatkan dalam dua regu seperti saat pemberangkatan dari Kendari ke Embarkasi Makassar. “Jadi pemberangkatan regu pertama dilakukan setelah salat Subuh,” ujarnya.

Pemberangkatan kedua pukul 10.00 Wita. Barang bawaan jamaah nanti akan dibagikan pada hari Selasa, mulai pukul 07.00 Wita di Kemenag Kendari. Syaratnya membawa paspor. Bisa juga diwakili keluarga dengan syarat membawa paspor jamaah sehingga bisa diketahui identitasnya.

Ketua Kloter 19, Zainal Mustamin membenarkan satu jamaah meninggal dunia dan satu masih sakit. Jadi yang kembali hanya 453. Yang sedang sakit kata dia nanti akan dipulangkan bila kondisinya sudah memungkinkan. Ia menambahkan biasanya kalau jamaah sakit maka akan dipulangkan pada kloter yang paling akhir. “Tugas saya telah selesai. Alhamdullilah semua jamaah bahagia,” katanya. (ramadan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top