Badai Matthew, 900 Orang Tewas di Haiti – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Internasional

Badai Matthew, 900 Orang Tewas di Haiti

Hampir seribu orang meninggal dan ratusan ribu warga kehilangan tempat tinggal usai Matthew menyapu Haiti. Foto: AFP

Hampir seribu orang meninggal dan ratusan ribu warga kehilangan tempat tinggal usai Matthew menyapu Haiti. Foto: AFP

kendaripos.fajar.co.id,HAITI—Pelan namun pasti, tim evakuasi mulai merambah daerah terdampak Badai Matthew di Haiti, salah satu negara termiskin di dunia.

Selasa (4/10) lalu, usai Matthew berkekuatan Kategori 4 itu menyapu, sedikitnya 300 korban tewas. Namun laporan terbaru pada Sabtu (8/10) ini, sedikitnya 900 orang meninggal dan jumlah ini bisa dipastikan bakal bertambah drastis.

Foto: Reuters

Reuters melansir, sekitar 300.000 warga kehilangan tempat tinggal. Bantuan makanan masih sangat terbatas. Kolera pun mulai menyerang, menyusul air banjir bercampur limbah.

Foto: Reuters

Pihak berwenang dan tim evakuasi masih belum mendapat gambaran pasti sejauh mana kerusakan yang ditimbulkan Matthew. Jaringan-jaringan komunikasi yang terputus baru mulai diperbaiki.

Foto: Reuters

Daily Mail melaporkan, seorang pejabat PBB meyakini dampak bencana Matthew di Haiti bisa berupa krisis kemanusiaan, yang lebih parah dibanding saat negara yang terletak di Laut Karibia ini diguncang gempa 7 SR pada 2010.

 

Saint-Victor Jeune, pejabat Civil Protection di Beaumont mengaku masih belum bisa memberikan detail pasti korban dan kerusakan. Ini disebabkan kesibukan tim yang harus mengevakuasi korban dan kondisi medan nan sulit.

Gereja Saint Anne di Camp Perrin, Les Cayes, Haiti hancur. Foto: AP

Di sisi lain mereka juga belum bisa melakukan komunikasi dengan Port Au Prince, ibu kota Haiti.

“Kontak dengan Port Au Prince belum ada. Kami juga belum berhasil mencapai semua tempat (terdampak Matthew),” katanya. (adk/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top