Masih Ada 37 Ribu Warga Tak Rekam e-KTP, Paling Banyak Warga…. – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Masih Ada 37 Ribu Warga Tak Rekam e-KTP, Paling Banyak Warga….

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI– Hingga Oktober ini,  tercatat 37 ribu warga yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

download-2

Jumlah itu cukup menghawatirkan, sebab Kementrian Dalam Negeri sudah mengancam akan menghapus Nomor Induk Kependudukan (NIK) mereka bila tak merespon kebijakan itu hingga waktu yang ditentukan. Dari angka 37 ribu itu, warga Kecamatan Mandonga dan Kendari Barat cukup mendominasi.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bagian Administrasi Data Base Disdukapil Kota Kendari, Ahmad Manshuri. Ia mengatakan sangat dimungkinkan warga kedua kecamatan itu sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan dan pedagang. Sehingga sangat sibuk dengan aktifitas kesehariannya. “Tapi apapun itu, kita sudah banyak kasih kelonggaran, misalnya datang merekam saja dulu, nanti kalau sudah selesai dicetak akan kita panggil melalui kecamatan masing-masing, atau bisa langsung dicek sendiri juga ke Capil,” jelasnya.

Manshuri juga menyesalkan menurunnya antusias warga sepekan terakhir ini. September lalu kata dia, dalam sehari anak buahnya bisa mereka 300 hingga 400 warga. Namun memasuki Oktober hanya ada 70 hingga 100 orang yang mengurus e-KTP itu. Padahal, meski belum diketahui kapan saksi penghapusan itu diterapkan, tetapi sudah dipastikan jika kebijakan itu akan diberlakukan demi ketertiban data penduduk kedepannya.

“Sampai sekarang belum ada perintah menghentikan atau memperpanjang masa perekaman, tetapi kami masih bisa mengimput data, jadi mumpung masih ada waktu seharusnya warga memanfaatkan itu,” paparnya.

Sementara itu bagi warga yang sudah melakukan perekaman di daerah lain, dalam kondisi mendesak, Disdukcapil Kendari bisa membantu. Demikian pula warga Kendari yang berada di luar daerah tetap bisa mencetak e-KTP itu. “Untuk hal-hal seperti itu kami tetap layani, karena ini untuk membantu program nasional juga, namanya cetak luar domisili, untuk alamatnya tetap di daerah asal, kita hanya cetak saja, itu bisa,” tandasnya. (ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top