Tandem Donal Trump Unggul Debat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Internasional

Tandem Donal Trump Unggul Debat

Mike Pence (kanan) dan Tim Kaine. Foto: AFP

Mike Pence (kanan) dan Tim Kaine. Foto: AFP

kendaripos.fajar.co.id,WASHINGTON – Mike Pence membayar lunas kekalahan Donald Trump dalam debat calon Wakil Presiden Amerika Serikat, Rabu (5/10) pagi WIB.

Ya, kekurangan Trump atas Hillary Clinton dalam debat capres, ditutup saat Pence dianggap menang atas cawapres Partai Demokrat, Tim Kaine.

Polling menunjukkan dukungan 48 persen untuk calon dari Republik, dan hanya 42 persen untuk Kaine.

Topik tentang Syria membuat perhatian publik tertuju kepada politikus 57 tahun itu. “Jika Rusia memilih terlibat dan melanjutkan aksi barbar mereka di Aleppo, AS sebaiknya mengerahkan kekuatan militernya untuk menyerang rezim (Presiden Bashar Al) Assad,’’ paparnya dalam debat cawapres satu-satunya tersebut.

Kalimat itu langsung membuat pesona Pence berlipat-lipat. Sebaliknya, pamor Tim Kaine yang berada di panggung yang sama langsung melorot.

Pence dan Kaine berseberangan dalam banyak isu. Tapi, keduanya kompak soal Syria. Yakni, sama-sama menginginkan terwujudnya zona-zona aman di kawasan utara republik tepi Laut Mediterania tersebut. Dengan demikian, PBB dan Palang Merah Internasional (ICRC) tetap bisa mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada warga sipil yang membutuhkan.

Dalam debat yang berlangsung di Longwood University, Kota Farmville, Prince Edward County, Negara Bagian Virginia, tersebut, dua cawapres sama-sama mengecam Rusia. Sebab, mereka terus-menerus mendukung rezim Assad tanpa mengarahkannya pada negosiasi damai. Itulah yang membuat Rusia bermusuhan dengan AS dan sekutu Eropa-nya di negara yang tercabik perang tersebut. (afp/reuters/newyorktimes/hep/c19/any/adk/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top