Wow, Ada 13 Ribu KK di Metro Ini Belum Memiliki Rumah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Wow, Ada 13 Ribu KK di Metro Ini Belum Memiliki Rumah

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI– Ada sekitar 13 ribu kepala keluarga (KK) di metro ini belum memiliki rumah tinggal. Jumlah itu tersebar pada 64 kelurahan yang ada. Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan Rakyat Kota Kendari, Muhammad Saiful mengatakan jumlah warga yang tak memiliki rumah sulit ditekan. Karena arus urbanisasi dan angka perkawinan yang begitu besar.

rumahh

“Setiap tahun kita ada program rehabilitasi dan pembangunan rumah baru. Tahun ini di Kelurahan Mata ada 100 unit, tapi itu tidak mengurangi angka 13 ribu itu karena ada lagi KK baru,” jelasnya ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/10). Saiful menambahkan, para lurah harus terus melakukan verifikasi warganya yang belum memiliki rumah untuk diusulkan mendapat bantuan ke kementerian melalui Pemkot dan Pemprov.

“Datanya harus selalu siap dan terupdate. Karena sering ditemukan di lapangan, sudah lolos ke kementerian begitu orang pusat turun ternyata sudah punya rumah,” tambahnya.

Meski warga tak punya rumah masih banyak, Saiful menjamin ketersediaan lahan untuk pemukiman masih terpenuhi. “Kalau zona kuning masih cukuplah, bahkan hingga beberapa puluh tahun ke depan,” tandasnya.

Wali Kota Kendari, Ir. H. Asrun juga membenarkan kondisi itu. Ia menggambarkan diawal kepemimpinannya tahun 2007 lalu, jumlah penduduk metro hanya berkisar 250 ribu jiwa. 9 tahun berlalu, kini penduduknya menghampiri angka 400 ribu jiwa. “Jadi kurang lebih 10 tahun, 100 ribu jiwa bertambah, itu luar biasa. Tentu berdampak pada perumahan juga,” katanya. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top