Berlangsung Sederhana, Gubernur Nur Alam Pimpin HUT TNI ke 71 – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Berlangsung Sederhana, Gubernur Nur Alam Pimpin HUT TNI ke 71

Gubernur Nur Alam melakukan inspeksi peserta upara peringatan HUT TNI ke 71 di Alun-Alun MTq Square, Rabu (5/10/2016)

Gubernur Nur Alam melakukan inspeksi peserta upara peringatan HUT TNI ke 71 di Alun-Alun MTq Square, Rabu (5/10/2016). Foto: M Syuhada/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-71 di Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung di alun-alun MTQ Square, Rabu (5/10/2016).

Peringatan tahun ini berlangsung secara sederhana. Tidak ada pameran alat sistim persenjataan (Alutsista) yang dimiliki TNI di Sultra. Demikian halnya demo kemampuan prajurit TNI yang kerap ditampilkan pada setiap peringatan HUT TNI, tahun 2016 ditiadakan. Peringatan tahun ini hanya diwarnai dengan tarian Lulo, drama perjuangan Halu Oleo, bola api, serta permainan tradisional dari daerah ini. Ada juga penampilan music grup band gabungan antara TNI dan Polri.

Kenapa HUT TNI di Sultra berlangsung sederhana? Gubernur Sultra, Dr H Nur Alam SE MSi, yang bertindak selaku inspektur upacara dalam amanatnya menjelaskan, perayaan HUT TNI tahun ini  memang sengaja diselenggarakan sederhana, namun memiliki makna yang begitu dalam. Peringatan dengan mempertunjukkan kesenian khas daerah serta permainan tradisional merupakan simbol kedekatan TNI dengan Rakyat.

Sebelum upacara berlangsung gubernur melakukan inspeksi peserta barisan menggunakan kendaraan khusus berplat merah DT 1.

Untuk diketahui, peringatan HUT TNI tahun 2016 memang berlangsun sederhana secara nasional.Tak ada atraksi yang selama ini cukup ditunggu masyarakat. Tidak ada defile, juga tanpa demonstrasi peralatan tempur TNI yang sudah tradisi ditunggu masyarakat.

“Pada peringatan HUT ke-71 TNI ini, memang tidak dilaksanakan terpusat, dengan parade defile, atraksi dengan penampilan alutsista, tapi hanya upacara sederhana di tingkat daerah. Harapan saya, semoga acara ini tidak mengurangi makna HUT itu sendiri. Saya bangga, HUT mengangkat seni, kearifan lokal, kegiatan sosial, bedah rumah, operasi katarak gratis, pengobatan massal. Itu wujud TNI kepada rakyat,” tegas Panglima TNI, Gatot Nurmayanto di Mabes TNI, Cilangkap.(sawal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top