Wow, PAD Kota Kendari Capai 70 Persen – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Aneka

Wow, PAD Kota Kendari Capai 70 Persen

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI– Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini cukup meyakinkan. Untuk pertama kalinya, diakhir September capaian sektor pajak itu sudah mencapai 70 persen. Padahal, biasanya memasuki triwulan ke empat pengutipan PAD jarang sekali menyentuh angka 50 persen.

Pie Chart 70 30 percent

Pie Chart 70 30 percent

Namun kali ini, dari target Rp 220 miliar, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kendari sudah mengantongi kurang lebih Rp150 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan, peningkatan perolehan pajak saat ini tak lepas dari kesadaran masyarakat yang sudah membaik. Berbagai upaya sosialisasi dan peringatan yang diberikan cukup memberikan dampak positif. Mulai dari penarikan pajak hotel, rumah makan, THM serta perparkiran sudah menghampiri realisasi 100 persen. “Sekarang sudah bagus.

Setiap hari saya cek dilaporan online itu terus naik. Bahkan bisa bertambah ratusan juta rupiah setiap hari. Apalagi penagihan THM, rumah makan dan parkir itu sudah hampir tuntas,” jelasnya saat di temui Senin (3/10). Angka pengutipan pajak terbawah saat ini kata dia tetap ada pada Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Saat ini kedua sumber itu baru mencapai 50 persen dari target masing-masing Rp 23 miliar. “Sebenarnya sudah lumayan juga, karena tahun lalu, sampai Desember itu baru 50 persen. Sekarang Okteber sudah lebih 50 persen,” lanjutnya.

Meski begitu, Nahwa optimis bisa meningkatkan realisasi pajak di nominal akhir. Jika tahun sebelumnya hanya mencapai 90 persen tahun ini dipastikan bisa berada di atas angka itu. “Saya optimis, hitungan saya bisa mencapai target,” pungkasnya. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top