Senangnya..SK Tiga Pj Bupati di Sultra Sudah Ditandatangani Mendagri – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Senangnya..SK Tiga Pj Bupati di Sultra Sudah Ditandatangani Mendagri

Pelantikan Pj Bupati oleh Gubernur Nur Alam. Ilustrasi/dok kendaripos.fajar.co.id

Pelantikan Pj Bupati oleh Gubernur Nur Alam. Ilustrasi/dok kendaripos.fajar.co.id

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah meneken SK pengangkatan Penjabat (Pj) bupati tiga daerah otonomi baru (DOB) di Sultra. SK Pj Bupati di Sultra itu ditandatangani bersamaan dengan pengangkatan 64 pelaksana tugas dan 34 pj bupati se Indonesia. Tiga daerah di Sultra yakni, Pj Bupati Muna Barat, Pj Bupati Buton Tengah, dan Pj Bupati Buton Selatan.

“Sudah ada SK-nya. Tinggal diambil saja di Kemendagri nantinya,” tuturnya. Lalu siapa tiga Pj bupati tersebut? “SKnya ada 101 daerah, jadi saya tidaj hafal,” kata Soni Sumarsono, Dirjend Otonomi Daerah (Otda) Soni Soemarsono kepada wartawan.

Selain berbicara soal SK Pj bupati, Soni mengaku kesal dengan ulah beberapa mantan Pj yang membuat urusannya ribet. “Pj yang ber-ulah itu di Sulawesi Tenggara (Sultra),” kata Soni. Aksi mantan Pj bupati di Sultra dengan langsung mengundurkan diri sebagai PNS untuk maju sebagai calon kepala daerah diakuinya membuat proses administrasi terkendala.

“Seharusnya, mengundurkan diri dulu dari Pj bupati baru mengundurkan diri jadi PNS. Setelah ada permohonan pengunduran diri itu, barulah mendaftar ke KPU. Ini kejadiannya di Sultra, mendaftar dulu ke KPU tapi belum mundur jadi Pj (lebih dulu permohonan pengunduran PNS, red). Prosedurnya kan kebalik. Tidak salah sih, cuma bikin ribet,” keluh Soni.

Meski bukan kesalahan, lanjutnya, tapi apa yang dilakukan oleh Pj tersebut cukup membuat ribet proses administrasi karena saat kita akan mengangkat Pj baru terlebih dahulu kita harus meminta surat pengunduran diri Pj dari gubernur. Pj itu merupakan jabatan dari PNS jadi kalau mundur PNSnya otomatis Pjnya juga gugur. “Analoginya itu alangkah lebih bagusnya kalau mau merubuhkan rumah itu dari atapnya dulu baru trakhir pondasi, tapi ini langsung pondasi, ya sudahlah mudah-mudahan ke depan tak ada lagi kejadian seperti ini,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan Ali Akbar membenarkan bahwa Kemendagri telah menerbitkan 3 SK Pj bupati (Mubar, Busel dan Buteng). “Sudah ada SK nya tapi belum kami ambil. Masih ada di Jakarta. 1 atau 2 hari saya akan berangkat ke Jakarta untuk mengambil SK tersebut,” kata Ali Akbar.

Informasi yang dihimpun, tiga pejabat yang diangkat tersebut yakni Ali Akbar (Kepala Biro Administrasi Pemerintahan) sebagai Pj Bupati Buteng, Mochammad Ilah Ladamay (Kepala Biro Administrasi Pembangunan) sebagai Pj Bupati Busel dan Ronny Yakob Laute (Kepala Biro Layanan Sultra) sebagai Pj Bupati Mubar. “Hahaha, sudah-sudah. Nanti di Jakarta baru kita liat nama-namanya siapa,” kelakar Ali Akbar. (yogi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top