Semua Paslon Negatif Narkoba – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Semua Paslon Negatif Narkoba

Ketua KPU Sultra, Hidayatulah (baju putih) saat menerima pendemo yang mempertanyakan hasil pemeriksaan Nakoba terhadap Paslon peserta Pilkada serentak di KPU Sultra, Senin (3/10).

Ketua KPU Sultra, Hidayatulah (baju putih) saat menerima pendemo yang mempertanyakan hasil pemeriksaan Nakoba terhadap Paslon peserta Pilkada serentak di KPU Sultra, Senin (3/10). Foto: Marwan Abidin/kendaripos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Badan Narkotika Nasional (BNN) telah mengirimkan hasil pemeriksaan terhadap 19 pasangan calon bupati dan walikota di tiga daerah yang akan menggelar Pilkada serentak, Februari 2017. Tiga daerah dimaksud yakni, Kota Kendari, Bombana, dan Buton Selatan. Hasilnya, 19 pasangan calon yang telah dites dan diambil sampel dari rambutnya ternyata negatif narkotika dan obat terlarang (Narkoba). Demikian halnya Paslon dari Buton, Muna Barat, Buton Tengah, dan Kolaka Utara.

Negatif Narkoba itu diungkapkan langsung oleh Ketua KPU Sultra, Hidayatulah, saat menerima puluhan aktivias Gerakan Forum Mahasiswa Pemerhati Demokrasi Sultra (FPMD-Sultra) yang melakukan aksi demo di kantor KPUD Sultra, Senin (3/9). Pendemo mendesak KPU Sultra agar mengumumkan hasil tes bebas Narkoba kemuka publik. Menurut massa aksi, tahapan tes Narkoba tersebut terterdapat keanehan. Pasalnya, hasil tes bebas Narkoba untuk pasangan calon (Paslon) tiga daerah yakni Bombana, Buton Selatan (Busel) dan Kota Kendari ditunda karena bermasalah.

Ketua KPU Sultra, Hidayatulah menjelaskan tes Narkoba, psikologi, jasmani dan rohani telah sesuai prosedural yang berlaku. Rinciannya, KPU RI merekomendasikan RSUD Bahteramas dan Dokter spesialis dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra untuk memeriksa jasmani dan rohani. Demikian juga hasil psikologi Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Sultra langsung yang tangani. Untuk tes Narkoba yang diperiksan langsung oleh Badan Narkotika Nasional (BNN)

“Dari tujuh daerah Pilkada, semua Paslon dinyatakan negatif narkoba,” kata Dayat, seraya menambahkan bahwa informasi tersebut berdasarkan laporan dari KPU di tujuh daerah dan BNN.

“Sengaja kami ungkapkan agar tanda tanya dan kegelisahan masyarakat terjawab sudah. Maka, jika ada yang kalian curigai terindikasi pengguna Narkoba silahkan lapor ke polisi. Namun, menuding orang harus ada bukti. Jangan lapor ke kami karena kami hanya menerima hasil pemeriksaan lembaga yang berwenang seperti BNN,” kata Hidayatullah.

Mendengar penjelasan orang nomr satu di KPU Sultra itu, para pendemo dapat memahami. Mereka kemudian gubar dan berjanji akan memantau dan mengkaji lebih dalam lagi terkait persoalan tersebut. (marwan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top