Kasus Gubernur Nur Alam, Mendagri Kedepankan Praduga Tak Bersalah – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Kasus Gubernur Nur Alam, Mendagri Kedepankan Praduga Tak Bersalah

Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum akan menonaktifkan Nur Alam dari jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara. Pasalnya, Nur Alam bukan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasarkan operasi tangkap tangan (OTT).

Karena itu, asas praduga tak bersalah, kata Mendagri Tjahjo Kumolo, perlu dikedepankan.

“Kami harus (menghormati) asas praduga tidak bersalah, walaupun KPK tentunya menetapkan siapapun yang jadi tersangka dengan alat bukti yang kuat. Nah sekarang kami masih menunggu proses hukum selanjutnya,” ujar Tjahjo, Kamis (25/8) lalu.

Menurut Tjahjo, pihaknya belum mendengar ada proses pemanggilan dari KPK terhadap Nur Alam. Demikian juga dengan proses pengadilan yang menempatkan status tersangka menjadi terdakwa.

“Kami akan ikutilah mekanisme yang ada di KPK, tapi dengan tetap menerapkan asas praduga tidak bersalah,” ujar Tjahjo.

Saat ditanya dugaan adanya keterkaitan kasus Nur Alam dengan dua bupati di provinsi Sultra, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini menyerahkannya pada proses hukum yang berlaku.

“Biarlah nanti dibuktikan, apakah seorang gubernur melibatkan daerah tingkat dua dalam (proses perizinan) masuk kategori kebijakan atau menyangkut yang lain,” ujar Tjahjo. (gir/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top