Rupiah Makin Melemah, Begini Kata BI … – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Rupiah Makin Melemah, Begini Kata BI …

kendaripos.fajar.co.id. JAKARTA – Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD) dalam beberapa hari terakhir ternyata ditanggapi santai oleh Bank Indonesia. Bank sentral menilai, itu merupakan hal yang wajar.

images

Berdasar data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) BI, kurs rupiah ditutup di level 13.267 per USD atau melemah 15 poin dibanding perdagangan sehari sebelumnya.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menyatakan, pergerakan nilai tukar rupiah masih sesuai koridor. Sebab, tidak ada masalah dari sisi fundamental ekonomi.

’’Kalau sekarang Rp 13.200 dan mungkin melemah lagi, kami masih comfortable. Sisi inflasi baik. Kalau kurs Rp 13.200, nggak apa-apa,” ujarnya kemarin (25/8).

Dia melanjutkan, inflasi per Juli lalu mencapai 1,8 persen (year-to-date) dan 3,2 persen (year-on-year). Selain itu, indikator makroekonomi menunjukkan kondisi yang terjaga.

Defisit ekspor-impor barang dan jasa juga berada pada level yang baik. Yakni, 2,1–2,3 persen dari produk domestik bruto. Karena kurs rupiah menganut rezim kurs mengambang, nilainya naik-turun bergantung pada sentimen pasar.

Kondisi itu berbeda dengan yen atau poundsterling. ’’Perkembangan hingga hari ini tidak ada yang kami khawatirkan,” tutur Mirza.

Rupiah mengalami pelemahan 70 poin sejak pekan lalu. Pelemahan tersebut dipicu pernyataan Bank Sentral AS, The Federal Reserve, yang mengindikasikan kenaikan suku bunga Fed Fund Rate pada November atau Desember.

Mirza memprediksi The Fed belum akan menaikkan suku bunga acuannya. Sebab, kondisi perekonomian Amerika Serikat belum sebaik perkiraan pada awal tahun ini.

Karena itu, The Fed diprediksi hanya menaikkan bunga sekali pada tahun ini atau tidak menaikkan suku bunga acuan sama sekali. ’’Setelah pengumuman Jumat (hari ini, Red), market akan dikoreksi lagi,” tuturnya. (dee/c5/noe/jos/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top