Pj Bupati Bombana dan Bupati Muna Terpilih Dilantik Pekan Depan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Pj Bupati Bombana dan Bupati Muna Terpilih Dilantik Pekan Depan

10 rumah kitakendaripos.fajar.co.id,JAKARTA—Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bombana, Tafdil-Masyhura Ila Ladamay tinggal dua hari lagi. Kamis (25/8/2016), mereka harus menanggalkan jabatannya. Tentu, dalam menggerakkan roda pemerintahan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah menyetujui Siti Saleha (Kadisperindag Sultra) sebagai penjabat (Pj) Bupati Bombana.

Surat keputusan (SK) pengangkatan Siti Saleha sebagai Pj Bupati Bombana telah diteken Mendagri. Hari ini, SK tersebut rencananya akan diserahkan kepada Gubernur Sultra melalui Biro Pemerintahan Setprov Sultra. Meski demikian, pelantikan Pj Bupati Bombana diagendakan bersamaan dengan pengukuhan Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih, LM Rusman Emba-Malik Ditu pada tanggal 29 Agustus mendatang.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Dodi Riyatmadji mengungkapkan, proses penetapan Pj Bupati Bombana telah selesai. “SKnya siap diserahkan ke Pemprov Sultra,” ujar Dodi saat ditemui di Kemendagri, Jakarta, Senin (22/8/2016). Sebelumnya, Pemprov Sultra mengusulkan tiga nama yang akan dipilih menjadi Pj Bupati Bombana yakni Siti Saleha (Kadis Perindagkop), Damsid (Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra) dan Sarifuddin (Sekertaris KPU Sultra). Dari ketiga nama tersebut ternyata Kemendagri menjatuhkan pilihannya kepada Siti Saleha.

Direktur Fasilitas Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan Antar Lembaga (FKDH) Kemendagri, Anselmus Tan mengatakan, SK tersebut akan diserahkan kepada Pemprov Sultra hari ini. “Kabarnya sudah ada utusan Pemprov yang datang mengambil SK itu,” ujarnya.
Penunjukan mantan Asisten II Pemda Bombana itu memang sudah lama berhembus di Bombana maupun di Pemprov. Bahkan sebelum Surat Keputusannya diteken Mendagri, nama Siti Saleha disebut-sebut paling layak menduduki Pj bupati, guna memfasilitasi terpilihnya bupati defenitif di Pilkada 2017 mendatang.

Kepala biro pemerintahan Pemprov Sultra Ali Akbar membenarkan penunjukan Siti Saleha sebagai Pj Bupati Bombana. Katanya, SK pengangkatan mantan kepala Dinas Pendapatan Daerah Bombana itu, sudah ditandatangani Mendagri sejak pertengahan Agustus lalu. “Pj Bupati Bombana Siti Saleha. Beliau tinggal menunggu dilantik oleh gubernur Sultra atas nama Mendagri,” katanya, kemarin.

Menurut Ali Akbar, pengambilan sumpah Pj Bupati Bombana akan dilaksanakan di Kendari. Bahkan waktunya sudah dipastikan tanggal 29 Agustus mendatang. Pelantikan ini mengalami pergesaran empat hari dari akhir masa jabatan Bupati Bombana H Tafdil, 25 Agustus 2016.

Dengan begitu sambung Kepala biro Pemerintahan Sultra ini akan ada pelaksana tugas Bupati selama kurun waktu tersebut. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kekosongan jabatan di Pemkab Bombana, Ali Akbar mengaku akan ada penunjukan Pelaksana harian Bupati oleh Gubernur Sultra. Dan amanah itu sambung Ali Akbar akan dipercayakan kepada Sekda Bombana, Burhanuddin A HS Noy. Terkait penyebab pengunduran pelantikan Pj Bupati Bombana, Ali Akbar mengaku tidak terjadi masalah yang berarti. Pengunduran semata-mata disebabkan karena banyaknya kegiatan Pemprov selama perayaan HUT ke 71 RI.

Kemendagri Terima Berkas Rusman Emba

Tak hanya SK Pj Bupati Bombana yang harus diproses cepat oleh Mendagri, tapi juga SK pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Muna, LM Rusman Emba-Malik Ditu. Berkas usulan pengangkatan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih itu, telah diterima oleh Biro Hukum Kemendagri.
“Saya dapat informasi bahwa berkasnya sudah sampai di Biro Hukum. Setelah dari Biro Hukum, baru diajukan ke Mendagri untuk ditandatangani,” kata Dodi Riyatmadji, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, kemarin.

Kapan SK tersebut diterbitkan? Dodi enggan berkomentar. “Saya tidak bisa memastikan kapan bisa keluar SK pengangkatan tersebut. Kalau di zaman saya, itu semua proses hanya 7 hari sampai penandatanganan SK pelantikan,” jelasnya.

Direktur Fasilitas Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan Antar Lembaga Anselmus Tan menambahkan, pihaknya akan memaksimalkan percepatan proses pembuatan SK pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih. “Kami usahakan besok (hari ini) sudah sampai di meja Mendagri dan berharap segera ditandatangani,” katanya.

Sementara itu Bupati Muna terpilih Rusman Emba mengungkapkan, pelantikan dirinya akan dilaksanakan pada akhir Agustus 2016. “Saya juga tidak dapat memastikan waktunya. Namun, pelantikan kemungkinan akan dilaksanakan pada akhir bulan ini,” kata Rusman. (yogi/nur/dan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top