Hasil Survey: Elektabilitas Ahok Merosot – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Hasil Survey: Elektabilitas Ahok Merosot

Basuki T Purnama alias Ahok

Basuki T Purnama alias Ahok

kendaripos.fajar.co.id,JEKARTA—Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKopi) menunjukan hasil survey yang mengejutkan. Keterpilihan atau elektabilitas Ahok sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta untuk Pilgub 2017 disebut stagnan, dengan angka di bawah 50 persen.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara KedaiKopi Sri Aryani dalam diskusi bertajuk ‘Ini Kata Publik Jakarta Tentang Calon Gubernur Mereka’

“Gubernur sekaligus calon petahana, Ahok tingkat elektabilitasnya tertahan di bawah, belum bisa melampaui 50 plus 1 persen. Elektabilitas Ahok pada survei periode ini hanya 47,9 persen. Bahkan pada pertanyaan terbuka, elektabilitas Ahok lebih rendah, hanya 44,5 persen,” ujarnya seperti dilansir INDOPOS (Kendari Pos Group), kemarin.

Survey tersebut dilakukan pada 11-13 Agustus 2016 kepada 400 responden yang tersebar secara proporsional di 40 kelurahan yang ada di DKI Jakarta. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan pemilihan responden yang dilakukan secara acak. Metode yang digunakan adalah sampel acak bertingkat, dengan margin of error 4,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sri mengungkapkan, dari tingkat elektabilitas survei kali ini, tercatat Basuki mengalami stagnan. Disebut stagnan karena dalam survei-survei sebelumnya, tingkat elektabilitas Basuki juga belum melampaui angka 50 plus 1 persen. Adapun dari total responden, sebanyak 57 persen menyatakan sudah mantap dengan pilihannya.

Sedangkan 36 persen lainnya menyebutkan bisa mengubah pilihannya untuk Pilkada DKI Jakarta. “Untuk tingkat partisipasi dalam pilkada, sebanyak 87 persen responden mengatakan akan ikut dalam pemilihan,” tandas dia.

Di sisi lain, lebih dari seperempat pendukung Ahok berpotensi mengalihkan dukungan ke calon gubernur lainnya. Mereka itu merupakan kelompok warga yang telah menyampaikan dukungan kepada Ahok. Hal tersebut diungkapkan Peneliti SMRC Sirojudin Abbas saat menjadi pembicara diskusi ‘Cawagub Ideal untuk Ahok, Siapa” di Jakarta, kemarin.

“Seperempat pendukung Ahok, berpotensi mengubah dukungan. Mereka adalah yang sebelumnya telah menyatakan mendukung Ahok. Mereka juga disebut pendukung lemah Ahok,” tutur dia.

Menurut Sirojudin, sangat terbuka peluang terjadi pergeseran pendukung menuju calon gubernur lainnya. “Kalau ada lawan yang bekerja baik. Dan seimbang dengan Ahok. Dukungan  kepada Ahok bisa bergeser,” tandas dia.

Sirojudin menambahkan, pihaknya telah mengadakan survey. Namun begitu, dalam kesempatan acara kemarin ia enggan membeberkan data hasil survey lembaganya secara detail. “Hasil survey nanti akan kami rilis,” imbuh dia. (wok/dai/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top