Ini 4 Sekolah Jawara Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Ini 4 Sekolah Jawara Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah SH menyalami para jawara lomba cerdas cermat pemilu dan demokrasi di Graha Pena Kenari Pos. Senin malam (15/8/2016).

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah SH menyalami para jawara lomba cerdas cermat pemilu dan demokrasi di Graha Pena Kenari Pos. Senin malam (15/8/2016).

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi yang diselenggarakan KPU Kota Kendari kerjasama Kendari Pos, Dinas Dikbud Kendari, dan TV Sultra, sukses dihelat. Pertarungan sengit para finalis begitu luar biasa memperebutkan skor tertinggi. Semua finalis pun langsung dinobatkan menjadi duta pemilu Sultra, khususnya Pilwali Kendari 2017 mendatang. Lomba dimulai pukul 19.00 Wita, Senin malam (15/8/2016) di Aula Graha Pena Kendari Pos. Siswa dan guru pendamping datang tepat waktu.

Perolehan skor cukup mendebarkan. SMAN 9 Kendari sukses mengumpulkan 1.705 poin dan meraih posisi juara I. Disusul urutan kedua SMAN 1 Kendari dengan 1.450 poin, SMAN 4 dengan 1.130 poin, dan SMAN 10 dengan skor 1.020 poin. Antusiasme peserta memacu adrenalin suporter dalam memberikan dukungan pada jagoannya.

Babak pertama, empat sekolah bersaing ketat. SMAN 9 memperoleh skor terendah dengan 600 poin, SMAN 10 dengan skor 900, SMAN 4 meraih skor 700 dan SMAN 1 dengan skor 900. Untuk mencairkan ketegangan, panitia memberi kesempatan pada masing-masing sekolah menampilkan bakat mereka pada setiap akhir babak. Penampilan teaterikal dari SMAN 9, stand up comedy dari SMAN 10 dan SMAN 1, serta lagu ciptaan siswi SMAN 4 Kendari mengundang riuh tepuk tangan penonton.

Berlanjut ke babak kedua, setiap sekolah mendapatkan kesempatan untuk menjawab sepuluh pertanyaan. Pada ronde ini, tiga regu lain berpeluang untuk merebut poin regu yang mendapat giliran menjawab. Namun konsekuensinya, jika regu lain yang memencet bel lalu salah jawabannya, maka poin dikurangi 25. Pada babak ini, SMAN 9 berhasil mengambil alih kemudi dengan merebut 525 poin, disusul SMAN 1 dengan 500 poin, SMAN 4 meraih 400 poin dan SMAN 10 dengan 120 poin.

Memasuki babak ketiga, semua peserta semakin ganas. Lebih dari lima pertanyaan tidak tuntas dibaca oleh MC, peserta mulai berlomba memencet bel. Beberapa jawaban pun melenceng dari pertanyaan. MC kembali mengingatkan peserta agar menyimak terlebih dahulu pertanyaan yang akan dibacakan. Kehebohan para suporter pun tak terbendung. Seolah tidak ingin kalah, nyanyian yel-yel dari bangku penonton diteriakan bergantian.
Akhirnya, babak ketiga selesai dengan perolehan SMAN 9 Kendari 580 poin, SMAN 4 Kendari 30 poin, SMAN 1 Kendari 50 poin dan SMAN 10 tidak berhasil merebut satupun poin pada babak ini. Setelah diakumulasi seluruhnya, SMAN 9 keluar sebagai juara satu, SMAN 1 juara dua, SMAN 4 juara tiga dan SMAN 10 juara empat. Sorak sorai suporter juga memeriahkan seremoni penyerahan hadiah secara simbolis oleh Ketua KPU Sultra, Hidayatullah.

Hidayatullah memberikan semangat kepada sekolah yang belum berhasil meraih skor tertinggi pada lomba tersebut. Menurutnya, kemenangan yang sesungguhnya bukan dilihat dari tingginya poin yang diraih, namun dari tindakannya sebagai pemilih cerdas. Peserta yang belum juara, janganlah berkecil hati.

Pada detik itu juga, ia menobatkan empat sekolah yang menjadi finalis sebagai duta pemilu Sultra. Apresiasi juga disematkan kepada KPU Kota Kendari karena tepat memilih Kendari Pos sebagai media partner. Media terbesar di Sultra ini telah banyak melahirkan duta baru di Bumi Anoa. “Selain itu, KPU Sultra kemungkinan besar akan mengadopsi ide KPU Kota untuk mengadakan lomba cerdas cermat tingkat provinsi di Graha Pena. Pasalnya, besar sekali dampak yang diberikan oleh kegiatan ini karena Kendari Pos menjangkau seluruh daerah pelosok. Sebaiknya dirancang lagi kegiatan yang serupa untuk membumikan sosialisasi pemilu. Untuk penyerahan hadiah, akan diserahkan oleh Ketua KPU RI, 19 Agustus, di Swiss Belhotel Kendari,” ungkap Hidayatullah.

Sementara itu, Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengungkapkan, Kendari Pos sangat mendukung kegiatan positif dan edukatif. Salah satu peran media adalah untuk mengedukasi masyarakat. “Ya, semoga kegiatan ini bisa menginspirasi orang lain atau KPU di provinsi lain. Bukan hanya orang yang hadir di aula ini yang mengetahui semarak kegiatan Lomba Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi, namun seluruh daerah akan tahu dan mendapatkan pelajaran berharga dari kegiatan ini. Kami adalah bagian dari stakeholder yang ingin menyalurkan nilai positif yang mengedukasi. Saya dan manajemen Kendari Pos menyampaikan terima kasih. Bagi sekolah yang belum juara, jangan kecewa. Ini merupakan awal bagi kalian untuk menjadi pemilih cerdas,” katanya. (wan/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top