Hindari Makanan Ini, Bisa Merusak Kulit Kamu – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

Hindari Makanan Ini, Bisa Merusak Kulit Kamu

ILUSTRASI

ILUSTRASI

kendaripos.fajar.co.idMengonsumsi makanan bernutrisi sangat membantu merawat kulit. Selain itu, makanan juga bisa membantu mengatasi beberapa problem seperti berjerawat, kulit kering dan kusam.

Namun, ternyata Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih makanan. Tak semua makanan ternyata baik efeknya untuk kulit. Ada beberapa makanan yang justru menimbulkan problem pada kulit. Berikut adalah makanan yang menurut para ahli bisa merusak kulit.

1. Susu dan produk olahan lainnya

Penelitian menunjukkan bahwa susu dan turunan lainnya adalah penyebab hormon jerawat. Menurut Livestrong, banyak sapi perah diberikan hormon untuk meningkatkan produksi susu sepanjang tahun mereka. Dengan mengonsumsi susu dari sapi-sapi ini, Anda sedang terkena dosis yang lebih kecil dari hormon-hormon yang sama.

” Susu menyebabkan lonjakan hormon jerawat. Saya mendorong pasien untuk minum susu almond, susu beras, santan atau susu rami bukannya susu sapi,” kata peneliti, Dr. Frank Lipman, seperti dilansir laman Cheat Sheet.

2. Kopi

Kopi sangat bagus untuk bangun di pagi hari. Sayangnya, hal itu juga bisa menimbulkan jerawat. Yap Tan, pendiri San Francisco klinik jerawat mengatakan ada suatu asam organik dalam biji kopi yang meningkatkan kadar kortisol.

Kortisol umumnya dianggap sebagai hormon stres. Peningkatan kadar zat ini merangsang kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) dan jenis-jenis peradangan pada kulit. Sementara biji kopi itu sendiri merupakan masalah utama dalam hal ini, asupan kafein tinggi apapun juga bisa meningkatkan kadar kortisol.

Selain itu, kopi adalah diuretik, yang berarti bahwa berlebihan mengonsumsi itu bisa menimbulkan ancaman dehydrative untuk tubuh Anda. Pastikan untuk minum banyak air untuk menjaga kulit terhidrasi.

3. Makanan yang digoreng

Memanaskan makanan terutama daging pada suhu tinggi bisa mengakibatkan reaksi kimia antara lemak dan protein. Reaksi ini menghasilkan “produk canggih glycation end” (USIA), yang berhubungan dengan peradangan dan mengakibatkan penampilan kulit kusam dan keriput. Lemak teroksidasi tersebut juga berkontribusi pada penyakit jantung dan proses metabolisme melemah.

Zat ini biasanya ditemukan dalam makanan panggang atau yang digoreng dalam minyak pada suhu yang sangat tinggi. Seperti kentang goreng, keripik dan ayam goreng.

4. Gula / karbohidrat sederhana

Gula benar-benar menyebabkan jerawat, karena pro-inflamasi. Seseorang dengan kulit berjerawat harus mengikuti diet antiinflamasi. Berlebihan mengonsumsi makanan manis bisa menyakiti kulit dua kali lipat. Di satu sisi, karbohidrat sederhana bisa membuang kadar insulin yang menyebabkan peradangan internal dan eksternal.

Selain itu, kelebihan gula melemahkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan pertahanan terhadap bakteri dan menyebabkan kondisi peradangan.(fny/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top