BPJS Ketenagakerjaan Beri Santunan Keluarga Karyawan Korban Kecelakaan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

BPJS Ketenagakerjaan Beri Santunan Keluarga Karyawan Korban Kecelakaan

Penyerahan santunan pada ahli waris di Desa Amberi, Kabupaten Konawe. Foto: BPJS Ketenagakerjaan for Kendari Pos

Penyerahan santunan pada ahli waris di Desa Amberi, Kabupaten Konawe. Foto: BPJS Ketenagakerjaan for Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Perusahaan yang beroperasi di wilayah Sultra sudah seharusnya mendaftarkan pekerjanya, sebagai peserta di Badan Perlindungan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Bukan pada persoalan wajib atau dipaksa daftar, namun kebijakan tersebut justru menguntungkan tenaga kerja.

Kepala Bidang Pemasaran BPJS ketenagakerjaan, Bachtiar Asyahari mengatakan, jika pekerja yang belum terdaftar mengalami kasus kecelakaan kerja hingga meninggal, maka perusahaan akan kerepotan. Tidak ada yang tahu kapan mudah musibah akan datang. Namun, ketika musibah itu datang, setidaknya masa depan para pekerja telah terlindungi dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

“Hal ini telah ditegaskan dalam peraturan Pemerintah No 44 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian (JKK). Aturanya tersebut menyebutkan pemberi kerja, selain penyelenggara negara yang belum mengikutsertakan pekerjanya dalam program JKK, bila terjadi risiko wajib membayar hak pekerja sesuai dengan ketentuan,” ungkap Bachtiat Asyahari.

Seperti kasus kecelakaan kerja meninggal yang dialami Asmuni, warga Desa Amberi, Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe. Karena perusahaan tempatnya bekerja telah mendaftarkan Asmuni kepada BPJS Ketenagakerjaan maka ahli waris berhak mendapatkan santunan sesuai ketentuan yang berlaku. Istri Asmuni Susianti berhak mendapatkan santunan tersebut.

“Kami memberikan santunan kepada ahli warisnya dengan total senilai Rp. 124.260.000. Jumlah tersebut terdiri dari santunan kecelakaan kerja meninggal sebesar Rp.122.280.000. Selain itu, ada saldo Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua sebesar Rp. 1.980.570,” ungkapnya. (yusup)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top