Siswa Unjuk Pengetahuan Ilmu Politik dan Demokrasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Siswa Unjuk Pengetahuan Ilmu Politik dan Demokrasi

Cerdas Cermat KPU Kota Kendari

Peserta cerdas cermat berfoto bersama setelah perlombaan selesai (8/8)

Peserta cerdas cermat berfoto bersama setelah perlombaan selesai (8/8)

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI — Sosialisasi pemilih cerdas yang dikemas dalam lomba cerdas cermat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, menarik banyak antusias para pelajar di Kota Kendari. Hari kedua pelaksanaan lomba tidak kalah meriahnya dari hari pertama. Empat sekolah yang berlomba pertama yakni SMAS Kartika Kendari, SMAS Muhammadiyah Kendari, SMAN 8 Kendari, dan SMA DDI Kendari telah memadati aula Graha Pena Kendari Pos, Senin (8/8) pagi. Disusul grup kedua SMKN 3 Kendari, SMK Tunas Husada, SMAN 6 Kendari dan SMKN 2 Kendari, pukul 13.30 Wita.

Melalui kegiatan ini, KPU Kota Kendari menjalankan kewajiban mereka untuk memberikan pengetahuan awal kepada pelajar sebagai pemilih pemula. Maka pihaknya menggunakan media lomba untuk memberikan edukasi politik demokrasi, mulai dari tahapan pemilu sampai hari pemilihan, sehingga siswa tahu dan bisa berpartisipasi langsung khususnya dalam pilwali 2017, juga pilkada dan pilgub setelahnya. “Ya. Saya harap kegiatan bersama Kendari Pos dan Dikbud Kota ini bisa berjalan lancar dan dapat memberikan sumbangsih nyata, sehingga mempermudah mereka dalam memahami tahapan-tahapan pemilu,” ungkap Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu, S.Sos.

BACA JUGA :  Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi se Kota Kendari, Dimulai

Kegiatan tersebut sudah sukses menyedot perhatian siswa. Even tersebut diharapkan mampu menyadarkan para pemilih pemula tentang pentingnya menggunakan hak suara, karena Pemilu merupakan proses demokrasi yang menentukan arah jalannya pemerintahan dan kemajuan bangsa. Pemahaman kesadaran berpolitik bagi pemilih pemula perlu diaktualisasikan, melalui pembelajaran yang melibatkan secara langsung pemilih pemula. Pendidikan politik bagi pemilih pemula sangat penting diadakan, karena pemilih pemula yang baru memasuki usia hak pilih, tentunya belum memiliki jangkauan politik yang luas untuk menentukan kemana suara mereka akan dijatuhkan.

BACA JUGA :  Cerdas Cermat Pemilu...Peserta Makin Kritis, Soal Belum Kelar, Bel Bunyi Terus

Sebelum berlomba, setiap sekolah menyanyikan yel-yel penyemangat. Perlombaan babak pertama dimulai, masing-masing tim diberikan sepuluh soal dengan poin 100 jika benar dan nol jika salah. Semua peserta saling unjuk kepandaian seputar ilmu politik. Semua berjalan lancar, walaupun tidak semua soal bisa dijawab sempurna. Memasuki babak kedua, suasana mulai tegang, semua sekolah berlomba memencet bel, perebutan poin pu tidak terhindarkan. Setelah satu jam beradu ilmu politik, akhirnya juara grup pertama pada hari Senin adalah SMAS Kartika Kendari dengan 1780 poin dan SMA DDI Kendari 1125 poin, Keduanya lolos ke babak perempat final, mengalahkan SMAN 8 Kendari dan SMAS Muhammadiyah Kendari. Setelah itu, dilanjutkan dengan group kedua, SMKN 3 Kendari, SMK Tunas Husada, SMAN 6 Kendari dan SMKN 2 Kendari, pada pukul 14.30 Wita. Perlombaan grup kedua tidak kalah seru, masing-masing sekolah saling berebut poin dengan cara adu cepat menekan bel. Hasilnya, SMKN 3 Kendari berhasil lolos ke babak perempat final dengan total poin 1300 dan runner up SMAN 6 Kendari juga lolos dengan 1175 poin. Perlombaan mereka akan dilanjutkan Kamis (11/8) nanti.(Helson Mandala)

BACA JUGA :  Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi: 4 Finalis Unjuk Pengetahuan Malam Ini di Graha Pena Kendari Pos

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top