Korban yang Terseret Ombak dan Terdampar itu Ditemukan. Begini Kondisinya – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Korban yang Terseret Ombak dan Terdampar itu Ditemukan. Begini Kondisinya

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI– Tim Search And Rescue (SAR) Kendari berhasil melakukan dua operasi penyelamatan dalam insiden di laut. Yang pertama pada Kamis (5/8) lalu pada nelayan bernama Syamsir (53) di pulau Jodoh, Kabupaten Banggai Kepulauan. Lalu evakuasi pada dua awak KM Alino GT 06 yaitu Laode Jainudin (45) dan La Oga (60) yang mengalami kebocoran di perairan Wakatobi. Ketika itu dua nelayan tersebut melewati rute Malauge-Wanci.

SAR penyelamatan Kapal humas sar

Kepala Kantor SAR Kendari Amiruddin melalui Humas, Wahyudi menjelaskan, setelah menerima laporan, tim langsung melakukan pencarian dan menemukan Syamsir sekitar pukul 9.00 Wita hatu itu. Sebelumnya nelayan tersebut sedang mencari ikan di perairan Pulau Menui dan Padea sejak Selasa (2/8) pukul 5.00 Wita. “Dari keterangan korban, dia terseret ombak dan akhirnya terdampar,” jelas Wahyudi.

SAR penyelamatan nelayan Humas sar

Sementara untuk evakuasi KM Alino yang bermuatan pasir dilakukan pada hari yang sama pukul 14.12 Wita. Pukul 14.30 Wita tim Rescue SAR Pos Wakatobi, langsung melakukan pencarian. Dalam waktu dua jam kapal berhasil ditemukan di koordinat 05’17,42,S-123’27’06,E bersama dua ABK Laode Jainuddin dan La Oga. “Jadi dalam sehari dua evakuasi yang kami lakukan berjalan dengan baik dan berhasil menyelamatkan korban.

Kami juga menghimbau masyarakat baik itu nelayan ataupun pemilik kapal besar atau kecil, bila akan melaut harus memerhatikan kondisi kapal yang akan digunakan. Apakah layak digunakan atau tidak. Harus juga memerhatikan situasi. Bila ada informasi cuaca buruk jangan nekat melaut karena akan merugikan diri sendiri. Keselamatan ada di tangan kita sendiri,” pesan Humas SAR Kendari itu. (c/p2)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top