Proyek New Port Dimulai, Pemkot Siapkan Jalan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Proyek New Port Dimulai, Pemkot Siapkan Jalan

Walikota Kendari, H Asrun

Walikota Kendari, H Asrun

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Pekerjaan fisik mega proyek New Port Kendari siap dimulai September mendatang. Pelabuhan yang diwacanakan sejak 2015 lalu itu mulai memasuki tahap akhir perencanaan. Kepala PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Cabang Kendari, Suparman mengatakan saat ini menuntaskan tahap evaluasi penawaran sedang berlangsung.

“Kami di sini hanya suport saja. Sesuai informasi saat ini masih tahap evaluasi penawaran di kantor pusat kami,” jelasnya di ruang kerjanya, Jumat (29/7). Ia memprediksi pada triwulan keempat tahun ini pekerjaan fisik mulai berjalan. “Kalau triwulan keempat tahun ini sudah dikerjakan, triwulan keempat 2018 sudah selesai dan 2019 sudah bisa digunakan,” tambahnya.

Mantan pimpinan Pelindo Palu ini mengungkapkan, pembangunan Pelabuhan New Port Kendari akan menghabiskan anggaran Rp 936 miliar. Rp 635 miliar bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Rp 301 miliar adalah biaya peralatan yang bersumber dari kantor Pelindo. “Ada manfaat besar yang akan dirasakan daerah dan masyarakat, karena pertumbuhan ekonomi akan sangat pesat nanti,” katanya.

Makanya, pihak Pelindo sangat mengharapkan andil pemerintah daerah dalam hal penyediaan akses jalan. Sebab, dalam perencanaan Pelindo hanya meliputi fisik pelabuhan saja bersama peralatannya. “Dalam postur anggaran Rp 936 miliar itu tidak masuk akses jalan. Kalau itu direvisi lagi untuk dimasukkan anggaran tambahan maka waktu yang ditargetkan akan bergeser,” katanya.

Di tempat terpisah, Wali Kota Kendari Ir. H. Asrun mengaku sudah memikirkan hal itu sebelum pihak Pelindo meminta. Karenanya, soal jalan dimaksud, Asrun menjamin akan menyiapkan. Pembuatan akses transportasi harus lebih awal sebelum pembangunan pelabuhan kontainer seluas 5 hektar dimulai. Tujuannya, agar mobilisasi peralatan dan bahan kebutuhan pembangunan kontainer lebih mudah.

“Tahun ini sudah akan dimulai pekerjaannya, jelas akan ada banyak material yang keluar masuk di sana. Peran kita menyiapkan akses jalan dan itu sementara disiapkan. Mereka akan mulai dengan pembangunan dermaga berukuran 300 kali 35 meter,” terang wali kota dua periode itu. (elyN)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top