Imigrasi Catat 385 WNA di Sultra – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Imigrasi Catat 385 WNA di Sultra

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Pihak Imigrasi Kendari mengklaim telah melakukan pengawasan dan pendataan pada Warga Negara Asing (WNA) yang masuk di daerah ini. Itu dipastikan dengan terbentuknya Tim Pencari Orang Asing (Pora) serta penerapan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA). Bahkan, pihak Imigrasi juga dapat menjamin WNA yang beraktivitas pada 9 daerah di Sultra sudah terdata.

Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Kendari, Letehina SH  menjelaskan, sejumlah WNA saat ini ada yang beraktivitas di Kota Kendari, Bombana, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan dan Kolaka. “Jumlahnya sebanyak 385 orang. Rinciannya, 359 laki-laki dan 26 perempuan. Secara keseluruhan WNA tersebut ada yang menjadi tenaga kerja, tinggal bersama suaminya, serta melakukan penelitian. Minat WNA terbesar berada di Kabupaten Konawe. Kami juga menjadikan daerah ini sebagai perhatian. Potensi masuknya warga asing setiap bulan selalu bertambah,” jelas Letehina, saat ditemui Kamis (28/7/2016).

Di Konawe, para tenaga kerja asing itu bekerja pada PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) Morosi. “Kami jamin tak ada lagi WNA ilegal yang ada di sana,” belanya.

Sebagai pengawas WNA, Imigrasi sudah mendata mereka dengan memberikan izin tinggal kunjungan, izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap. Izin tersebut masing-masing digunakan dari berbagai golongan. Jika hanya seorang buruh kasar, maka Imigrasi memberikan izin kerja selama 6 bulan, setelah itu dipulangkan. “Imigrasi selama ini bukan membiarkan WNA masuk ke Konawe. Tapi potensi tersebut sesuai permintaan investor PT VDNI sebagai sponsor mereka. Perusahaan dalam hal ini bertanggungjawab terhadap laporan pendataan mereka. Makanya berapa pun WNA yang masuk ke Konawe itu tergantung sponsornya. Imigrasi tetap mendata dan juga melakukan pengawasan bersama kepolisian dan Dinas Tenaga Kerja,” tandasnya. (kendaripos)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top