109 Sekolah di Kendari Belum Terakreditasi – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

109 Sekolah di Kendari Belum Terakreditasi

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Sebagai lembaga pendidikan, sekolah ataupun madrasah akan diketahui mutunya ketika lembaga tersebut mendapatkan pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang melalui akreditasi. Hal itu bermaksud menilai kelayakan satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap.

Saat ini, tercatat 109 sekolah di Kota Kendari belum mengantongi akreditasi. Sekolah yang belum mengantongi pengakuan kelayakan tersebut, terdiri dari 83 sekolah (44 SD, 9 SMP, 6 SMA, dan 24 SMK) yang kadaluarsa akreditasi dan 26 sekolah (7 SD, 2 SLB, 6 SMP, 6 SMA dan 5 SMK) belum perna akreditasi.

Menyikapi hal itu, pengelola akreditasi Kota Kendari telah melakukan reakreditasi untuk sekolah-sekolah tersebut, baik sekolah yang lewat masa akreditasinya maupun sekolah yang belum sama sekali akreditasi. Namun mereka harus menunggu nilai akreditasinya. Hal itu diungkapkan Ketua Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah Kota Kendari, Darwis SPd MSi.

“Alhamdulillah untuk SMA sudah tuntas semua dan SMP masih satu lagi. Yang masih banyak itu tinggal SD dan SMK,” kata darwis, Kamis (28/7/2016).

Dia pun menjelaskan bahwa salah satu syarat utama untuk akreditasi, sekolah harus sudah menamatkan siswa. Bagi sekolah yang belum melakukan penamatan perlu bersabar sebab pihaknya sudak mengusulkan untuk akreditasi keseluruhan sekolah di Kota Lulo ini.

Pastinya, lanjut Darwis, akreditasi sangat penting bagi satuan pendidikan. Sebab sekolah yang belum terakreditasi akan mengalami banyak keterbatasan. Salah satunya tidak bisa menyelenggarakan ujian nasional. Contohnya pada ujian nasional lalu, SMP 19 Kendari harus menggabung di SMP 9 Kendari sehingga ijazah siswa ditandatangani oleh sekolah tempat sekolah itu bergabung.

“Anggaran akreditasi dari APBN sekitar 55%, namun belum mencukupi. Sehingga, kami merencanakan untuk mengalokasikan melalui anggaran APBD perubahan. Semoga dengan pengalokasian tersebut bisa mempercepat akreditasi untuk keseluruhan sekolah di Kota Kendari ini,” harapnya. (kendaripos)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top